Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Usaha Mikro Kecil Menengah Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu tidak lepas dari pentingnya peran pelaku UMKM yang  menumbuhkan tingkat perekonomian Desa grudo. Dari penyerapan tenaga kerja hingga  perputaran transaksi keuangan cukup menekan pertumbuhan pengangguran dan memicu geliat perekonian di sektor bawah.

Dari penelusuran di lapangan dapat di simpulkan bahwa Dusun Cupo merupakan pusat tumbuhnya perekonian diantara dusun lain di Desa Grudo. Itu terlihat dari banyaknya pelaku usaha yang bermunculan tiap tahunnya. Dari Kuliner, Jasa simpan pinjam Koperasi, Jasa Rental Mobil, Penyedia Sarana Komunikasi dan  berbagai macam usaha jasa lainya.

Namun bila di lihat dari populasi yang berkembang tentu dapat di pastikan bahwa jasa bidang kuliner masih merupakan yang tertinggi diantara lainnya. Dari sepanjang jalan desa yang masuk Dusun Cupo terlihat deretan usaha bidang kuliner. Dari penjual Mie Ayam, fried chicken, steak, Nasi Pecel, Kripik Tempe hingga jamur crispy begitu menjanjikan keuntungan.

Seperti halnya Depot Miroso yang beralamat di jalan M duryat Dusun Cupo. Dari tahun ke tahun selalu mengalami kemajuan baik dari segi aneka kuliner yang di sajikan maupun jumlah pelanggan. “ Kalo hanya melihat sekarang saja tentu tidak akan tahu bagaimana perjalanan jauh sebelumnya saat baru merintis usaha. Semua pasti melalui proses untuk sebuah hasil. Kalo boleh saya sarankan, jangan putus asa dalam berwira usaha. Kalaupun belum berjalan dengan baik itu hanya bagian dari proses saja.” Terang pria berkumis yang biasa di panggil Boimin.

“ Dari berbagai usaha kuliner dengan aneka ragam produk yang ada di Dusun Cupo tentu menjadi pertimbangan untuk di adakan kegiatan khusus. Rencananya Tahun 2019 desa Grudo mengagendakan wisata kuliner dengan memperkenalkan produk dari berbagai makanan yang ada saat ini. Di harapkan dengan adanya pengenalan produk secara langsung akan menambah pelanggan baru dari pelaku usaha kuliner.” Terang Triono, ST Kades Grudo.

Lain halnya denga  Mie Ayam Ceker Pak Yatno yang berada di Jalan M Duryat area Sawah Watu. “ Dulu sebelum mangkal di sini saya jualan Mie  Ayam dengan gerobak dorong. Setelah ada program dari pemerintah terkait bantuan pinjaman modal usaha , baru saya menetap di sini. Dan dilihat dari hasil usaha tentu jauh berbeda. Ada peningkatan yang drastis dari waktu masih pakai gerobak dorong dengan sekarang ini”. Terang yatno pemilik usaha.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0