Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Pertumbuhan ekonomi Desa Grudo dari tahun ke tahun mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu tidak lepas dari tumbuhnya usaha – usaha skala kecil menengah setiap tahunnya.  Salah satunya adalah usaha dibidang kuliner Kripik Tempe yang tahun tahun terakhir banyak menjadi tumpuan ekonomi bagi pelaku yang menggelutinya.

Seperti halnya Suparman yang sudah menjalankan usahan produksi Kripik Tempe yang berlabel ” KRISMA ” sejak 1998. Pria yang berdomisili di Rt 04 Rw 02 Dusun Cupo Desa grudo, Kecamatan Ngawi tersebut mulai merasakan dari berkah usahanya.  “ Saya sudah 20 tahun menggeluti usaha Kripik Tempe ini. Dari berawal coba – coba akhirnya mulai serius dan hasilnya seperti sekarang ini. “

Dari hasil penelusuran dilapangan bahwa kegiatan tersebut menyerap 5 orang tenega kerja. Dan jumlah tenaga kerja tersebut bisa bertambah lagi  dalam bulan – bulan tertentu seperti menjelang Romadhon maupun Tahun Baru. Hal itu membuktikan bahwa usaha Kripik Tempe yang dirintis pada era krisis moneter tersebut cukup efektif dalam mengurangi tingkat pengangguran.

Untuk pengadaan bahan baku sendiri Suparman mengatakan tidak mengalami kendala yang berarti. “ Kalo bahan baku tidak ada kendala yang berarti. Tinggal pesan lewat Hand Phonelangsung dikirim. Dan bahan yang diperlukan juga mudah di dapat di pasar. Dari rempah – rempah, penyedap rasa, sampai daun jeruk. Dengan kemudahan itu tentu  juga menjadi salah satu yang berperan dalam menjaga kestabilan produksi”

Sementara untuk persoalan marketing  produk, Suparman lebih mengandalkan tehnologi informasi. “ Awal – awal usaha Kripik Tempe ini berdiri baru sebatas melayani pesanan. Namun seiring berjalanya  waktu dan mudahnya mengakses informasi  juga berpengaruh pada kemudahan dalam penjualan produk. Untuk  empat tahun belakangan memang lebih banyak mengandalkan Media sosial”.

Untuk pesanan sediri suparman mengatakan bahwa pernah mengirim produk sampai America Serikat. “ Beberapa waktu lalu ada pelanggan yang minta dikirim sampai amerika Serikat. Harga kripiknya  seratus lima puluh ribu, tapi ongkos Kirimnya sampai 2 Juta. Namun yang namanya pesanan ya nggak masalah toh ongkos kirim ditanggung penerima “.

Dari pentingnya peran UMKM di Desa Grudo dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan tingkat kemiskinan membuat desa grudo terus memberikan support terhadap pelakunya. “ Desa Grudo terus akan mencoba memberikan dorongan dengan motifasi terhadap warga yang berniat untuk wira usaha. Dan sebagai penunjang  kita juga melakukan pelatihan kewirausahaan setiap tahunnya “. Terang Triono, ST.

“Terkait desa cupo memang ada banyak  jenis UMKM terutama bidang kuliner . Ini bisa di jadikan rujukan untuk dusun lain yang masih dalam wilayah desa grudo. Dan dari geliat UMKM inilah persoalan ekonomi mulai ada titik terang. syukur – syukur dari pelaku usaha sendiri mampu menyerap usaha yang akan membuat penurunan tingkat pengangguran “. Lanjutnya.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0