Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dalam menjamin kebutuhan pelayanan dasar bidang pendidikan, Pemerintah Desa Grudo, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi terus mendorong tumbuhnya tempat – tempat pendidikan. Hal itu bukan tanpa alasan, dengan semakin lengkap sarana pendidikan maka semakin besar pula peluang menciptakan generasi yang handal dan kompetitip.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah tempat pendidikan Super Kids. Tempat pendidikan  yang hanya menerima anak – anak bekebutuhan khusus itu beralamat di Dusun ngronggi, Desa grudo, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Dari sejumlah siswa yang di daftarkan orang tua masing – masing  sangat beragam. Ada yang memang mengalami kelainan mental sejak lahir sampai siswa yang menderita traumatis paska tindakan tertentu.

Renny Purwita Sari sang inspirator sekaligus pemilik dari Super Kids menuturkan liku – liku perjalanan berdirinya tempat pendidikan tersebut. “ Alasan dari tempat pendidikan inklusi ini berdiri sebenarnya bermula dari perjalanan hidup pribadi. Dari perjungan  membesarkan anak yang mengalami nasib serupa membuat hati saya tergugah. Sebagai orang tua saya paham betul berapa sulit mendidik anak yang berkebutuhan khusus “

Dari pendidik sendiri yang terdiri dari 5 orang perempuan  kesemuanya berasal dari seputaran Desa Grudo. Dari kebanyakan mereka bukan berasal dari sekolah yang berkejuruan khusus. Bahkan diantaranya masih mengenyam di bangku kuliah. Namun pengalaman dari bimtek yang sering di ikuti tidak perlu diragukan lagi.

“ Memang kalo dilihat dari pendidikan umumnya, pendidikan inklusi sangat berbeda. Ini sangat terkait dengan anak didik yang memerlukan pendampingan secara personal. Selain itu kami juga dituntut dengan kesabaran extra mengingat mereka secara mental dibawah rata – rata anak umumnya. Namun itu semua kami sadari sebagai bentuk keperdulian dengan segala konsekuensinya ”. Terang Narsih pendidik Super kids.

Sementara Kades Desa grudo Triono ST mengapresiasi atas inisiasi berdirinya Super Kids. “ Berdirinya Super kids sendiri merupakan bentuk keperdulian sosial dari warga yang benar – benar memahami persoalan pendidikan inklusi. Pemerintah memang sudah menyediakan sekolah khusus. Akan tetapi ketika seorang yang berpenampilan fisik normal dengan sisi kekurangan di bagian mental tentu butuh alternatif lain”.

Dari pemerintah Desa Grudo Sendiri bahkan sudah menggandeng sebagai partner dalam Bursa Inovasi Desa. “ Beberapa waktu lalu kita sudah perkenalkan Super Kids melalui Bursa Inovasi Desa. Dan harapan saya tentu ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Ngawi terkait masalah Finansial. Desa grudo sendiri sebenarnya sudah memikirkan kearah hibah dana. Namun mengingat  banyaknya taman pendidikan yang ada di desa Grudo, menjadikan Super Kids masih dalam daftar tunggu’. Terang pria yang akrab di sapa Herkules itu.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0