Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Persoalan desa terkait kekosongan perangkat sebenarnya menjadi titik lemah administrasi dalam pemenuhan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Betapa tidak, dari 213 desa yang ada di Kabupaten Ngawi rata – rata didominasi perangkat yang jauh dari kata memahami ITE. Itu terlihat dari persoalan ketika desa melakukan kewajiban pembuatan SPJ. Dari mereka rata – rata mengeluhkan sulitnya membuat uraian dari kegiatan secara rinci.

Namun deseiring diundangkanya Perbup no 9 Tahun 2018 tetang Perangkat Desa menjadi titik tolak dari persoalan tahunan semenjak di berlakukannya UU Desa No 6 Tahun 2014 tersebut. Desa yang sudah melakukan pengisian perangkat tidak lagi mengeluhkan pelaporan realisasi terurai. Bahkan tidak sedikit yang sudah melakukan inovasi dengan potensi yang ada di daerah masing masing.

Demikian halnya dengan Desa Grudo, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi yang 12 – 26 November 2018 membuka pendaftaran pengisian perangkat. Dengan kekosongan Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, dan Kaur Perencanaan menjadi angin segar bagi tenaga¬† potensial untuk mengadu nasib menjadi perangkat desa. ” Per 5 November 2018 kita lakukan sosialisasi tentang lowongan perangkat desa Grudo. Dan diluar dugaan ada lebih dari 130 orang yang telah mengambil formulir. Tentu ini mengindikasikan bahwa sosialisasi kita sukses dan benar – benar sampai ke masyarakat”. Terang Triyanto Ketua tim Pengisian Perangkat Desa Grudo.

Sementara dari pendaftar yang telah melakukan pemenuhan administrasi sudah mencapai 28 orang. Dari rata – rata administrasi yang masuk adalah warga lokal walaupun dari pengambil formulir terdapat dari berbagai wilayah. “sesuai dengan Perbup no 9 Tahun 2018 memang tidak ada larangan bagi masyarakat di luar desa Grudo untuk mendaftar sebagai perangkat. Dan dari hal itu kita berharap akan memberi dampak persaingan yang kompetitif dan menghasilkan penyaringan sesuai dengan harapan kita”. Lanjut Triyanto

Sementara Kades Desa Grudo Triono, ST juga meng apresiasi dengan banyaknya peminat dari pengisian perangkat desa. ” Dengan banyaknya pengambil formulir dari warga lokal dan luar desa mengindikasikan ada sesuatu yang menarik dengan Desa Grudo. Tentu ini menjadi sesuatu yang harus di nilai positif. Bagi saya semakin banyak pendaftar, maka semakin besar potensi yang terjaring dalam penyaringan kali ini”.

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0