Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dalam menciptakan peluang usaha, warga dusun Pojok Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi cukup kreatif. Hal itu terlihat dari macam usaha yang ada dan bergitu beragam. Dari bidang kuliner , pertanian sampai mebel. Tentu hal itu juga tidak muncul begitu saja. Rata – rata dari mereka umumnya  memiliki pengalaman diluar daerah dengan bidang yang saat ini digeluti.

Sebut saja Darso yang saat ini memiliki usaha mebel. Dari perjalan usahanya yang dirintisnya selama kurang dari satu tahun sudah mampu menyerap tenaga dua orang. “ Kalau di bidang mebel memang saya sudah lama menggeluti. Cuma untuk buka usaha di sini belum genap setahun”. Terang pria yang benama lengkap Sudarso Tri Sutanto itu

Dari pemantauan di lapangan bahwa usaha mebel yang beralamat di RT 01 RW 01 Dusun Pojok Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi itu cukup sederhana. Tidak nampak alat kerja yang modern dan terkini. Hanya ada table saw, pengamplas mesin, Kompresor dan alat untuk paku tembak. Namun dari hasil yang  telah dipasarkan terlihat kwalitas yang mampu bersaing dengan produk pabrikan.

“ Kalo bicara soal sarana penunjang memang baru seperti ini adanya. Namun bila melihat hasilnya tentu anda juga bisa membangdingkan dengan kwalitas pabrik yang menggunakan alat modern dan lengkap. Memang untuk saat ini belum perlu menggunakan alat seperti yang ada di pabrik – pabrik mebel. Selain harga yang mahal tentu juga mempertimbangkan fungsinya. Jadi dengan alat yang ada saat ini, masih mampu menghasilkan kwalitas bersaing”

Dari bahan baku sendiri, pria yang biasa di sapa darso ini masih mendatangkan dari luar kota. “ Kalo material yang di perlukan memang masih mendatangkan dari Madiun maupun Solo. Di kabupaten Ngawi memang belum ada yang menjual. Dengan jauhnya tempat pengadaan barang tentu menambah biaya transportasi. Mungkin itu salah satu hal yang menjadi tantangan saat ini”

Sementara terkait persaingan usaha, Darso sebagai pendatang baru diwilayah Kabupaten Ngawi juga menyadari sepenuhnya. “ Kalo namanya usaha itu jelas pasti akan ada tantangan. Di Ngawi memang sudah ada beberapa usaha yang mungkin sudah di kenal terlebih dahulu. Namun yang namanya rejeki itu kan harus di cari. Terlepas dari apapun usahanya pasti kalao kita bersungguh sungguh dan ulet pasti akan mendapatkan hasil”. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0