Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Satu lagi inovasi yang ada di sektor kuliner Dusun Pojok Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Adalah Darsini yang selama 14 tahun menekuni bidang usaha produksi aneka masakan basah. Tentu tidak hanya kreasi olahan saja yang menjadi perhatian. Namun penyerapan kerja juga menjadi sebuah terobosan dalam mengurangi tingginya tingkat pengangguran.

“ Sebenarnya Usaha ini yang merintis adalah suami saya. Dulunya pernah bekerja di Bandung cukup lama. Dari pengalaman Kerja di Bandung pada usaha produksi roti basah itulah akhirnya berkeinginan untuk mendirikan usaha sendiri. Dan alhamdulillah dari produksi ini bisa menjadi penopang hidup  keluarga”. Terang Darsini.

Dari pengamatan di lapangan terlihat aneka makanan olahan yang beraneka. Dari Donat, Onde Onde, Roti kukus hingga pukis tersedia dengan aneka warna kreasi. “ Sebenarnya masih banyak yang bisa di kreasi dari olahan roti basah. Namun kita juga melihat kebutuhan pasar. Kalo saat ini memang hanya sebatas ini saja. Alat yang ada hanya mampu untuk memproduksi dengan empat orang tenaga “. Imbuhnya.

Soal penjualan produk, Darsini mengatakan tidak menemui kendala. Dari yang sudah menjadi pelanggan tetap maupun pesanan untuk kegiatan tertentu menjadikan usahanya tetap bertahan hingga saat ini “ Dari hasil olahan kita kirim ke pasar beran dan Pasar Besar Ngawi. Dan pelanggan rata – rata penjual sayur keliling. Juga sebagian untuk melayani pesanan masyarakat yang sedang hajatan atau ada kegiatan pertemuan. Imbuhnya.

Sementara Kepala Dusun Pojok Juri, turut mengapresiasi usaha rumahan yang sangat menunjang terhadap kemandirian dalam pemenuhan ekonomi. “ Saya melihat ada manfaat besar di balik industri rumahan ysng ada di Dusun Pojok. Itu tidak hanya  sebatas inovasi untuk pemenuhan ekonomi keluarga saja, namun sebagian sudah mampu menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar. Kita harapkan kedepanya usaha – usaha rumahan akan terus berkembang dan mampu menjadi solusi untuk mengurangi tinginya tingkat pengangguran”.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Grudo yang begitu getol menghimbau terciptanya usaha baru. “ Kita tahu memang tidak semudah yang dibayangkan untuk merintis sebuah usaha. Namun dari sekian banyak usaha rumahan yang sudah berjalan bisa menjadi sebuah acuan. Jadi mendirikan usaha sendiri sebuah solusi  ketika peluang untuk mendapatkan  pekerjaan  sangat  minim. Dan kedepanya kita harapkan akan tumbuh usaha – usaha baru yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan” Terang Triono, ST ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0