Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Tahun Angaran 2018 kali ini Desa Grudomasih memprioritaskan sebagian kegiatannya untuk sektor pertanian. Hal ituterlihat dari normalisasi maupun pembangunan infra struktur yang mengarah keareal pertanian.

“ Tiap kali panen ada kesulitan dalam pengangkutan gabah. Jadi tahun ini kita usulkan untuk diadakan normalisasi jalan menuju persawahan samping Yon Armed Gang Jalan Suryo”. Terang Agus Karyani Kasun Ngronggi Desa Grudo.

Seperti kita ketahui bahwa Grudo adalah desa yang sebagian besar penduduknya berpropesi sebagai petani. Dari beberapa keluhan yang dirasakan warga adalah infrakstuktur yang sempit, Berlumpur bila musim hujan dan bahkan sampai jauh dari akses jalan.

Pertanian Grudo

“ Pertanian adalah salah satu penyokong perekonomian Desa Grudo. Masihbanyak persoalan yang harus kita tindak lanjuti dari keluhan – keluhan parapetani. Dan kita harapkan dengan adanya Dana Desa maupun Alokasi Dana Desamampu memberikan solusi yang tepat”. Terang Kades Grudo Triono ST.

Dari pemantauan di lapangan bahwa areal pertanian tersentral di wilayah barat Desa Grudo. Dari seputaran Dusun Pojok membentang ke selatan menuju Dusun Grudo sampai Dusun Ngronggi. Dari persawan sendiri juga di manfaatkan sebagai lahan untuk tanaman Padi, Tebu, sayuran bahkan buah buahan.

Sementara untuk tahun 2019 Desa Grudo Telah menentukan prioritas pada pertanian dengan mengusahakan untuk penyuplian pupuk melalui  Badan Usaha Milik Desa. Selain itu juga memfasilitasi penyediaan sarana pertanian yang lain dianyaranya obat hama, bibit , serta alat pertanian. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0