Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Pojok adalah salah satu Dusun yang masuk dalam pemerintahan Desa Grudo. Nama Pojok sendiri menurut cerita yang sudah turun – temurun dari warga berasal dari letak geografis yang berada di area pojok barat laut dari Desa Grudo. Secara umum luas wilayah Dusun Pojok  terbilang relatif sama dengan dusun yang lain. Namun wilayah tersebut lebih 60 % di dominasi areal pertanian. Hal itulan yang menjadi salah satu penyeimbang perekonomian masyarakat Dusun Pojok.

“ Masyarakat Dusun Pojok lebih dari 60 % berprofesi di bidang pertanian. Ini lebih di karenakan areal pertanian yang luas dengan kondisi kadar tanah yang cukup subur. Dan juga dipermudah dengan sumber air yang melimpah dari sumur – sumur buatan.  Sementara yang lain berprofesi sebagai Pegawai Negeri, Wirausaha, Karyawan tetap maupun kontrak”  Terang Juri Kepala Dusun Pojok.

Dari data di lapangan terlihat adanya beberapa inovasi yang di terapkan oleh warga dengan areal kosong yang berada di seputaran rumah. Itu terlihat dari beberapa jenis tanaman mulai dari yang berbatang keras, lunak maupun tanaman ubi – ubian. Bahkan area umum yang masih termasuk wilayah administrasi pojok juga tidak luput dari inovasi. Diantaranya bahu jalan, jalan menuju persawahan terlihat subur dengan tanaman buah.

“ Selain menghasilkan buah, pemanfaat lahan kosong ini juga sebagai penyeimbang dari polusi yang di hasilkan kendaraan bermotor. Kebetulan rumah saya menghadap jalan poros desa. Jadi banyak kendaraan yang lewat tiap harinya. Dan tentu di sisi lain juga menghasilkan. Dari hal itu tentu ada keuntungan ganda yang bisa didapat  “ Terang Suwaji penduduk setempat ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0