Select Page

Catatan Perjalanan Reporter GRUDO.NGAWIKAB.ID

By Arys Purwadi

Area Batu Alien

Gathering Ngawi News 2018 begitu bermakna bagi saya. Bukan persoalan relaxasi dengan alam bebas yang begitu berkesan maupun biaya yang digratiskan panitia, namun lebih pada faktor kebersamaan dan sistem dari management  pengelola kawasan terdampak erupsi. Mereka bangkit secara besama membangun kisah baru yang juga tidak beda jauh menantang dari persoalan erupsi Merapi.

Dari masyarakat yang terlibat dalam pemulihan dampak erupsi Merapi tampak begitu bersemangat. Pembangunan destinasi wisata dengan metode murah namun menarik diterapkan di seputar radius bencana. Dan hebatnya lagi, demi efisiensi anggaran mereka lebih mengkomoditikan alur dari peristiwa Erupsi Merapi dari pada keindahan sarana penunjang dengan tanpa mengurangi rasa puas wisatawan .

Panorama Merapi

Kita tahu bahwa beberapa tahun lalu letusan gunung Merapi merenggut ratusan jiwa. Bahkan kerugian materi kalau dihitung bisa menyentuh sembilan digit dalam nilai Rupiah. Namun Tuhan ternyata punya rencana lain dari musibah yang membawa derita mendalam tersebut. Dan bila di maknai, segi positifnya tentu akan jauh lebih besar dari dampak negatif dari erupsi 26 Oktober 2018.

Memang kalo melihat jumlah korban jiwa, jelas tidak mungkin  bisa dikonversi dengan nilai sebuah materi. Namun dibalik peristiwa letusan merapi 26 oktober 2010 silam memberi hikmah yang tiada terkira bagi keluarga korban, bagi alam, dan bahkan bagi masyarakat yang tidak terdampak sekalipun. Itu terlihat dari melimpahnya material pasir maupun batu yang merata di alur sungai Kali Urang serta humus dari debu vulkanik yang menutupi area terdampak.

Area Bunker

Delapan tahun berlalu, namun bagi masyarakat sekitar masih seperti baru terjadi kemarin. Mereka begitu hafal dalam merangkai susunan kata – kata hingga menjadi sebuah kalimat yang mengisahkan  gambaran peristiwa yang begitu lengkap. Begitu detail, begitu runtut dan tetap menarik walaupun nara sumber bukan dari seorang guide profesional.

Dari rangkaian peristiwa letusan Merapi yang begitu komplit dengan alur cerita dari sisi sosial, heroisme, bahkan unsur  mistis tersebut begitu menyentuh. Dan bagi saya, hal itu jauh bernilai dibanding dengan legenda, mite, maupun Fabel yang selama ini sudah familier dengan masyarakat seperti Sangkuriang, Nyi Roro Kidul, maupun Sikancil.

Hal itu bukan tanpa alasan, Letusan Merapi 2010 silam adalah peristiwa nyata dengan sosok Marijan sebagai Pemeran Utama. Dan bukan sebuah cerikta fiksi, bukan sebuah sekenario dari seorang sutradara, namun sebuah peristiwa yang menjadi ketetapan dan harus terjadi sebagai sebuah takdir. Jadi peristiwa letusan Merapi adalah murni skenario Tuhan penguasa alam semesta

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0