Select Page
Relawan

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Banjir yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Ngawi menggugah simpati di banyak lapisan masyarakat. Hal itu di tunjukkan dengan berbagai wujud dorongan moril maupun sumbangan materiil. Dari ucapan doa melalui media sosial, membuka dapur umum hingga relawan untuk evakuasi dari titik rawan terus mengalir dari berbagai daerah Ngawi dan sekitarnya.

Seperti halnya yang diakukan warga RT 002 RW 001 Dusun Ngronggi Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Mereka menggalang bantuan logistik dari dampak meluapnya sungai Madiun yang berada di Desa Dempel Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. Dari makanan siap saji, air mineral hingga makanan yang tahan lama di serahkan  pada Jum’at 9/2/2019 pada posko bencana desa setempat.


Pendistribusian Bantuan




Dari pengamatan di lapangan serta keterangan warga setempat, air mulai menggenang dan masuk wilayah Dempel pada Kamis 07/02/2019 siang. “ Kebetuan air yang meluap dan masuk ke pemukiman warga tidak begitu mendadak. Jadi kami masih bisa menyelamatkan barang – barang berharga yang ada di rumah. Namun banyak lahan sawah yang mestinya sudah panen terendam air “. Terang warga  Desa Dempel yang terdampak banjir.

Sementara dari  pantauan terakhir pada  Jum’at 08/02/2019 pukul 23.30 WIB, air perlahan mulai surut di beberapa tempat. Dari tinggkat curah hujan juga menurun di dua hari terakhir. “ Mudah mudahan hari ini tidak turun hujan di wilayah madiun dan sekitarnya. Jadi debit air secara otomatis akan menurun “. Harap salah satu anggota tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) yang ada di lokasi Desa Dempel.

Data dari BPBD menyebutkan bahwa banjir kali ini adalah yang terbesar paska 2007. Dari penyebab banjir sendiri dikarenakan curah hujan yang tinggi di seputar Madiun hingga debit air tidak tertampung sungai Madiun yang mengalir melintasi kabupaten ngawi. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0