Select Page
Catur Naning dengan kolam ikannya

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi per tahun 2016 mengadakan program prioritas untuk swasembada ikan. Dari program yang mendapat antusias dari warga tersebut menampakkan hasil. Dari mulai ikan Lele, Nila, Patin hingga Gurami mengalami surplus dari kebutuhan warga. Dari beberapa pembudidaya ikan air tawar awalnya hanya untuk kebutuhan konsumsi sendiri. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan dirasa keuntungannya  cukup menjanjikan, mereka mulai bergeser ke pembudidayaan untuk di jual.

Kolam Ikan Patin

Seperti yang dialami Catur Naning yang sudah lebih dari 5 tahun bergelut dengan perikanan. Perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini memiliki 9 kolam.  Dari yang awalnya hanya terpal dengan lingkaran ram besi, sekarang menjadi permanen dengan pasangan bata dan cor beton. “ Dulu kolamnya dari terpal, dan sering jebol. Tapi sekarang sudah permanen dan sudah nggak kawatir lagi. “

Dari semua kolam miliknya terisi dengan varian ikan air tawar. “ Dari 9 kolam  semua terisi ikan. Dari Lele, Patin, Nila dan Gurami. Tapi yang siap panen ikan Patin dengan rata rata berat 5 ekor untuk satu Kilogram. Sedangkan Untuk lele juga bisa di panen. Rata – rata beratnya mencapai 8 ekor untuk satu Kilogram.”

Kolam Ikan Lele

Dari pemantauan dilapangan bahwa ada puluhan pembudidaya ikan air tawar. Dari pembudidaya tersebut tersebar di masing masing dusun. Dari dusun Grudo, Cupo, Ngronggi, Brangol,Pojok dan Mojorejo. Dari mereka yang ada saat ini lebih dari 95 % sebagai pembudidaya untuk di jual. Selebihnya hanya untuk konsumsi ataupun hanya sekedar hobi.

“ Memang awalnya desa hanya menghimbau berbudidaya ikan untuk konsumsi pribadi agar kebutuhan ikan tidak menggantungkan dari luar. Namun ternyata banyak dari merek yang beruntung bila hasilnya di jual. Jadi lama kelamaan menjadi sebuah lapangan pekerjaaan. Tentu ini sesuai dengan himbauan pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi ” Gemar Makan Ikan.” Terang Kades Grudo Triono ST. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0