Select Page
Triono ST Kades Grudo

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Himbauan pemerintah pusat tentang mandiri dalam pengadaan pangan mendapat respon sigap dari Pemerintah  Desa Grudo. Hal itu ditunjukkan dengan program ketahanan pangan dan program mandiri pangan yang masuk menjadi prioritas. Program – program tersebut meliputi pertanian, Peternakan, hingga perikanan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Grudo Triono ST mengatakan bahwa pemanfaatan lahan sangat penting untuk program – program yang kaitanya dengan produksi pangan. Dari lahan yang dimaksud adalah lahan persawahan maupun tanah darat. “ Desa Grudo memiliki Lahan yang masih ideal untuk produksi pangan terutama untuk kebutuhan beras. Bahkan bisa di katakan swasembada. Setiap panen padi, hanya sekitar 20% saja yang terserap untuk kebutuhan konsumsi sampai panen lagi.”

“ Untuk kebutuhan yang  belum mampu tercukupi kita harapkan masyarakat beralih ke makanan lain. Seperti konsumen daging ayam, usahakan untuk mengurangi komsumsi dan menambah kosumsi ikan. Kebetulan kebutuhan untuk ikan, masyarakat sudah mandiri. Dari Lele, Patin, Gurami maupun Nila. Sedangkan untuk peternakan ayam potong sulit untuk di realisasikan karena lahan terlalu berdekatan dengan pemukiman.”

Buah Melon Desa Grudo

Dari 6 dusun yang ada di Desa Grudo, Pojok merupakan dusun penyumbang lahan terluas yang mencapai 2 kali lipat luas tanah darat. Dari Lahan pertanian sendiri lebih 80% ditanami padi. Sedangkan sisanya untuk tanaman buah dan sayur mayur.  Untuk tanaman buah didominasi oleh Milon dan sebagian kecil semangka. Sedangkan untuk tanaman sayur meliputi Sawi, Bayam , Kangkung, Cabai dan Ubi baik rambat maupun jalar.

Lebih lanjut Triono ST mengatakan bahwa pemanfaatan lahan sangat penting untuk program – program yang kaitanya dengan produksi pangan untuk kemandirian. ” Untuk perikanan rata – rata menggunakan lahan darat. Dari yang di gali kemudian di pasang bata sekelilingnya, kolam dari pasangan bata diatas tanah sampai model terpal dengan ram besi.”

” Dari apapun bentuknya, yang terpening adalah pemanfaatan lahan sebagai pemenuhan kemandirian kebutuhan desa dan pemenuhan ekonomi bagi mereka yang terlibat di dalamnya. Tentu kedepannya kita akan terus dorong agar inovasi segera merambah ke sektor lain.” ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0