Select Page
Tanaman Jahe

Jahe merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Dari manfaat untuk campuran minuman, pencegah dari penyakit maupun sebagai bahan untuk obat herbal. Dengan banyaknya manfaat, tanaman endemik Asia Tenggara ini menyebar ke banyak negara asia maupun eropa. Di Indonesia sendiri Jahe menjadi sebuah tanaman yang sangat populer dan menyebar merata di seluruh wilayah. Dari berbagai manfaat yang dapat di ambil dari Jahe adalah sebagi berikut :

1. Mengatasi masalah pencernaan

Dari pengetahuan sebagai warisan leluhur, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan

Jahe Merah

2. Mengurangi mual

Berikutnya adalah untuk meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker. Anda dapat memakan jahe secara mentah atau menjadikanya minuman. Ini sangat efektif untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual pada periode awal .

3. Mengurangi rasa sakit

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%. Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi dan dari sebuah penelitian dapat mengurangi rasa sakit hingga 60 %.

4. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

manfaat jahe juga dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saat sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

5. Perlindungan dari kanker

Salah satu kandungan yang ada dalam Jahe adalah Gingerol Phythonutrient  yang mampu mencegah tumbuhnya Kanker. Dari hasil penelitian yang dilakukan University of Minnesota mengindikasikan bahwa dari beberapa obyek yang telah di jadikan eksperimen berdampak positif. ( Di kutif dari berbagai sumber )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0