Select Page
Ahmad Roy Rozano

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dalam hitungan bulan, desa – desa yang berada di wilayah Kabupaten Ngawi dipastikan akan disibukkn dengan adanya Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) secara  serentak. Hal itu bukan kebetulan, namun dari regulasi yang ada mengharuskan lebih dari 170 desa untuk mengadakan Pilkades dalam waktu yang sama untuk tahun ini.

Sehubungan dengan hal itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Ngawi mengadakan sosialisasi pada Sabtu 13 April 2019 yang bertempat di Rumah Makan Hj. Maimun jalan Ir. Sukarno Ring Road Ngawi. Dari sejumlah undangan yang hadir terdiri dari Kasi Pemerintahan Kecamatan, Perangkat Desa dan Panitia Pilkades. Acara yang dihadiri lebih dari 200 undangan tersebut diisi oleh nara sumber Ahmad Roy Rozano Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD kabupaten Ngawi.

Acara yang mempresentasikan tata pelaksanaan Pilkades tersebut mendapat antusias dari peserta. Hal itu di tujukkan dengan hujan pertanyaan dari sejak dibukanya sesi tanya jawab. “ Bagi bakal calon yang mendaftar untuk Pilkades harus cuti bagi petahana. Tapi Kepala Desa  kami tidak mau cuti, bagaimana itu pak.” Tanya salah satu peserta yang kemudian di sambut riuh tawa.

peserta sosialisasi

Ahmad Roy Rozano Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Ngawi menjelaskan bahwa bagi petahana yang akan mencalonkan lagi harus cuti. “ Kades yang masih memiliki hak untuk mencalonkan lagi dan berniat memcalonkan kembali wajib cuti. Dan bila tidak mau cuti nanti aturanlah yang akan mencutikan atau di diskwalifikasi.“

Dari sesi tanya jawab tersebut sekaligus sebagai rangkaian acara penutup dalam sosialisasi. Bagi panitia Pilkades  yang dalam pelaksanaanya masih ragu dan ada yang belum dipahami, Roy mempersilakan untuk berkomunikasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Ngawi. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0