Select Page
Ilustrasi pendataan pilkades

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dari hasil klarifikasi dan klasifikasi warga Desa Grudo yang memiliki hak pilih sementara dalam Pilkades tahun 2019 sebanyak 4.959 jiwa. Hal itu tertuang dalam Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) yang telah di laporkan anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa Grudo Sabtu 5 Mei 2019.

Sementara Suryo Anuri Ketua Pemilihan Kepala Desa Grudo berpesan kepada tim untuk memastikan tidak ada warga yang terlewatkan dalam pendataan. ” Kita selalu pesankan kepada tim pendata agar jangan sampai ada warga yang memiliki hak pilih terlewatkan. Dan sebaliknya juga, jangan ada warga yang tidak memiliki hak pilih terdaftar dalam DPT “.

Dari sejumlah tersebut meliputi 2.382 jiwa pemilih perempuan dan 4.959 jiwa pemilih laki – laki. Dari sejumlah pemilih tersebar di 6 titik dusun yang ada di Desa Grudo. Jumlah penyumbang hak suara terbanyak berasal dari Dusun Cupo yang kemudian disusul Dusun Ngronggi. Keduanya terdapat warga yang memiliki lebih dari 1000 jiwa pemilih. Sedang untuk 4 dusun yang lain memiliki jumlah pemilih yang relatif  sama dengan kisaran diangka 500 jiwa.

Andesta Tri Hartanto

Jumlah pemilih tersebut bisa bertambah maupun berkurang mengingat bahwa dalam masa penutupan pendaftaran pemilih baru masih cukup lama hingga menjelang akhir Juni pada saat pencoblosan. Dan itu di mungkinkan ada tambahan Pemilih karena faktor usia yang masuk 17 tahun maupun berkurang di karenakan pemilih pindah domisili atau meninggal dunia.

“ Data 4.959 jiwa pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) bisa saja berubah. Dari data yang saat ini tersaji masih dilakukan pemutakiran sampai batas waktu mendekati hari H pencoblosan. Tapi  hasil dari konfirmasi, klarifikasi maupun klasifikafi data yang ada di lapangan sudah mnunjukka lebih dari 95 %”. Terang Andesta Tri Hartanto Panitia Pemilihan Kepala Desa Grudo yang bertanggung jawab dengan data pemilih. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0