Select Page
Alokasi Bidang Pelaksanaan Pembangunan

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dalam pengelolaan keuangan desa, sistem perencanaan dan sistem pelaporan terus mengalami pebaikan. Dari pelaporan yang awalnya tertuang di atas kertas mengalami penambahan melalui file maupun pelaporan secara elektronik. Pelaporan tersebut melalui sistem aplikasi Siskeudes yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan ( BPKP ).

Dari perkembangan sistem yang mengalami transisi sebagai bentuk penyesuaian dengan dunia digital tersebut, Desa Grudo melakukan beberapa terobosan. Hal itu dimaksudkan untuk mengembangkan fungsi dari aplikasi Siskeudes sebagai aplikasi pemantau keuangan. Dari Pengembangan tersebut Desa Grudo menginformasikan ke publik melalui Web Desa untuk tranparansi anggaran .

Edy Ranto, S.Sos Sekdes Grudo

Dan sebagai bentuk tranparansi tersebut adalah publikasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang informasinya tertera di Web Desa. ” Dari penyampaian total pendapatan, item anggaran hingga proses tahapan realisasi anggaran akan disampaikan melalui Web Desa. Itu semua kita laksanakan sebagai bentuk pertanggung jawaban publik ” Terang Sekdes Edi Ranto, S.Sos.

“ Memang untuk seberapa jauh tingkat tranparansi anggaran yang dikelola adalah kewenangan desa. Namun masyarakat setidaknya tahu berapa anggaran yang dikelola oleh desa dan masyarakat juga tahu terkait pengalokasian anggaran itu untuk apa ”. Lanjutnya

Fitri Anggarsari, SE. Kaur Keuangan Desa Grudo

Sementara untuk penggunaan aplikasi Siskeudes dirasakan justru sangat membantu dalam perencanaan pembangunan. ” Dengan adanya aplikasi Siskeudes akan mempermudah perencanaan. Dari item yang ada didalamnya kita bisa memastikan porsi anggaran, sumber alokasi anggaran untuk kegiatan dan kesalahan input langsung terkoreksi ” Terang Fitri Anggarsari Kaur Keuangan.

Dari pelaksanaanya, Desa Grudo sudah menjalankan sistem input data anggaran melalui aplikasi Siskeudes untuk tahun anggaran 2019. Itu terlihat dari proposal APBDes yang sudah disetujui kecamatan dan tidak mengalami penolakan dalam input data di sistem aplikasi Siskeudes. Bahkan dari proses tersebut, desa grudo sudah mengajukan pencairan per minggu ke dua Bulan Mei. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0