Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Pemerintah Desa Grudo terus berbenah dalam meningkatkan kwalitas atministrasi, perangkat penunjang,  pelayanan maupun sumber daya aparatur desa. Hal tersebut dapat di lihat dari capaian program kerja per Juli 2019.

Penyerahan Piagam Web Desa

Dari program unggulan yang sudah masuk dalam target adalah sistem informasi, peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) Kesehatan masyarakat dan  pengelolaan lingkungan hidup. Bahkan dari keempatnya masuk dalam nominasi tingkat kecamatan maupun Kabupaten.

Terkait sistem informasi, Desa Grudo sudah meningkatkan pengelolaan Web Desa dari menu standart hingga sesuai dengan kebutuhan. Dari menu yang disajikan juga dimaksudkan sebagai pendorong tumbuhnya ekonomi melalui promosi produk lokal, ketersediaan SDM lokal maupun  informasi lowongan pekerjaaan.

Secara umum kwalitas SDM warga Desa Grudo cukup mendukung dalam program yang telah dicanangkan desa. Namun dari beberapa hal masih perlu ditingkatkan lagi hingga mencapai level leader. Dari hal itulah Desa Grudo melalui Perpusdes terus melakukan kegiatan pelatihan tingkat dasar, menengah hingga akhir guna menghasilkan SDM yang kompetitif.

Dukungan Dari Personil Muda

Dari bidang kesehatan  masyarakat Desa Grudo secara menyeluruh cukup membanggakan. Hasil pemeriksaan Tim UPT Puskesmas Ngawi tidak menemukan adanya indikasi stunting pada usia balita. Bahkan dari hasil pemeriksaan menunjukkan hasil positif dengan nilai pertumbuhan diatas rata – rata.

Sedangakan untuk pemahaman masyarakat tentang kesehatan lingkungan menjadi catatan tersendiri. Rata – rata masyarakat sudah memiliki kesadaran dalam mengelola lingkungan.  Atas dasar itulah tahun 2019 Desa Grudo menjadi salah satu nominasi lomba pengelolaan lingkungan tingkat kabupaten ngawi .

Tahun 2019 Desa Grudo mematok 7 target dalam pelaksanaan program “ Grudo Makmur “ . Dari 7 tersebut adalah pengelolaan Web Desa, Pertumbuhan balita bebas stunting,  pengelolaan lingkungan besih dan sehat, peningkatan pemahaman ITE masyarakat dan aparatur desa, Peningkatan SDM masyarakat , pertumbuhan wira usaha dan managemen desa berbasis ITE.

Terhitung per Juli 2019,  4 target diantaranya sudah tercapai dengan masuk sebagai nominasi penilaian pemerintah daerah. Sedang untuk tiga berikutnya masih dalam proses capaian yang  masing – masing program sudah mendekati angka 90 %.

Triono ST Dengan Raihan Piala

Bila di banding dengan desa lain di Kabupaten Ngawi, Desa Grudo cukup berani dalam menentukan target capaian program kerja.  “ Untuk tahun ini memang beda dengan tahun sebelumnya. Target Desa Grudo cukup tinggi bila dibanding tahun sebelumnya. Namun kita tidak asal mematok target.” Terang Kades Grudo triono ST.

Ditanya terkait  tingginya target, Triono ST Kades Desa Grudo yang sudah menjabat dua periode  tersebut mengatakan bahwa terisinya perangkat desa yang baru menjadi alasan. “ Tahun 2019 Desa Grudo memiliki personil baru dari hasil pengisian perangkat. Kemampuan mereka sudah teruji dengan hasil nilai terbaik dari 121 peserta yang mendaftar ”.

“ Itu terbukti dan kita bisa lihat hasil dari kerja perangkat kali ini. Mereka mampu berkolaborasi satu sama lain. Saya yakin bahwa mereka masih mampu memberikan hal yang melebihi dari target tahun ini”. Tutur Kades yang biasa disapa Herkules itu. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0