Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Program Jalan Lain Menuju Masyarakat Sejahtera ( Jalin Matra ) Propinsi Jawa Timur di Desa Grudo berjalan lancar. Anggota kelompok yang mendapat pinjaman dana bergulir cukup terbantu dalam mengembangkan usahanya. Itu terlihat dari omzet yang meningkat secara signifikan pasca bantuan dikucurkan.

Seperti Yatno yang mengembangkan usaha jualan Mie Ayam misalnya. Omzetnya meningkat drastis sejak mendapat pinjaman dari Program Jalin Matra. Bermula dari jualan Mie Ayam keliling, sekarang berkembang menetap dan punya langganan tersendiri.

” Dulu saat masih jualan keliling rata – rata menghabiskan 3 Kg mie basah sehari. Setelah jualan menetap bisa menghabiskan 6-7 Kg. Dan itu belum termasuk pemasukan dari Bakso, minuman dan makanan lainnya.” Terang Yatno dalam pengakuannya.

Dari peserta yang masuk pada Program Jalin Matra, rata – rata memiliki usaha baik penjualan barang maupun jasa. Mereka terbagi menjadi 6 kelompok dalam satu desa dan satu kelompok untuk tiap dusun. Dari masing – masing kelompok beranggotakan 5-8 orang dengan satu ketua.

Sementara Ketua Badan Usaha Milik Desa Gatot Suratman berikut pengurus yang ditunjuk sebagai pengelola sirkulasi keuangan Jalin Matra mengatakan bahwa pada prosesnya berjalan dengan baik.

” Kita harapkan kedepannya terus berjalan seperti kali ini. Kita akan terus pantau perkembangan usaha mereka. Kita tampung persoalan usaha mereka. Kalo perlu kita tambah permodalannya.” Terang Gatot.

Dari sejumlah 366 Rumah Tangga Sasaran ( RTS ) di Desa Grudo, ditetapkan 33 anggota yang menerima pinjaman untuk tahap pertama. Dari sejumlah tersebut berada di 6 dusun. Untuk Dusun Cupo 8 orang, Ngrongg i 5 orang, Grudo 5 orang, Mojorejo 5 orang, Brangol 5 orang dan Pojok 5 orang. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0