Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Tahun anggaran 2019, Pemerintah Desa Grudo menerima siswa untuk magang. Selain sebagai sarana transfer ilmu, hal tersebut dimaksudkan untuk mensupport sebagian kegiatan desa yang harus memenuhi administrasi  sesuai peraturan perundangan. Apalagi Tahun 2019 dipenuhi jadwal kegiatan yang kesemuanya mendekati deadline.

Sebagai tahun pertama dalam penerimaan siswa – siswi  magang, Pemerintah Desa Grudo menerima 4 orang lagi pada gelombang kedua. Kesemuanya adalah  pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Ngawi. Dari keempatnya adalah Andika Bagus Prasetya, Singgih Alfi Yahya, alfina Luqi Andriani, Rofi’ah Dwi Kusuma. Keempatnya adalah pelajar dengan jurusan Akutansi dan Keuangan Lembaga.

Sekretarus Desa sekaligur Plt. Kepala Desa Grudo Edy Ranto S.Sos mengatakan pentingnya keberadaan mereka . “ Jujur kita akui bahwa mereka ( Siswi – siswi magang ) berperan cukup penting  dalam membantu pelaksanaan pemerintahan desa. Dan satu sisi mereka juga memerlukan pengalaman untuk bekal dalam implementasi di dunia kerja nyata”.

“Jadi kegiatan magang ini semacam Simbiosis Mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan. Satu sisi mereka mendapat bekal pengalaman. Sedangkan desa juga  terbantu dengan keberadaan mereka dalam memberikan pelayanan ke masyarakat”.

Dari kegiatan selama pemagangan sendiri , siswa diajarkan  sistem tatakelola pemerintahan baik dari perngurusan administrasi maupun adab dalam pelayanan. Terkait pengurusan administrasi, siswa diperkenalkan dengan pemenuhan administrasi resgistrasi surat, sistem administrasi pertanahan, pajak untuk anggaran kegiatan, maupun persyaratan kelengkapan pengurusan identitas.

Sedang untuk praktek diluar kurikulum adalah adab dalam pelayanan mendasar  budaya kearifan lokal tentang Standar Operasional Prosedur. Dari sistem standar pelayanan, seluruh siswa mendapat pelajaran bagaimana berinteraksi secara aktif kepada masyarakat. Dari ucapan salam , mempersilakan duduk hingga menanyakan keperluan.

Sedangkan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Desa Grudo Arys Purwadi yang juga menjadi mentor selamapemaganganmemandang pentingnya keberadaan para pelajar. “ Dari keberadaan siswi- siswi yang magang di Kantor Desa Grudo patut mendapat apresiasi. Dari tingkat kedisiplinan yang tinggi hingga penuntasan setiap tugas yang diberikan merupakan bukti prestasi mereka”.

“ Dari salah satu yang menjadi catatan penting adalah kepemilikan backup data secara digital. Dan mereka semua ( Siswai – siswi magang ) yang mengerjakan. Sedang Perangkat Desa sebagai pengarahnya”. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0