Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dalampelaksanaan pengelolaan Perpusdes Desa Grudo, pengurus terus melakukan tranformasi dengan jangkauan yang lebih luas. Hal tersebut sesuai dengan arahan Perpusnas yang memfungsikan Perpustakaan sebagai tempat dan sarana untuk mendapatkan informasi sekaligus sebagai pusat kegiatan   soaial.

Arys Purwadi Dalam Bimtek Perpusnas Di Crown Princes Surabaya

Sebagai sarana informasi misalnya, Web Desa Grudo yang masuk dalam pengelolaan Perpustakaan Desa Grudo telah nempatkan Perpusdes dalam halaman khusus. Selain sebagai sarana informasi, tentu hal itu dimaksudkan untuk memberikan pelporan kegiatan desa berikut Anggaran Pendapatan Belanja Desa  ( APBDes ) demi terciptanya tranparansi anggaran.

“ Web Desa Grudo saat ini menjadi ujung tombak desa dalam penyampaian informasi. Dan informsi – informasi itu tidak hanya sebatas desa Grudo, kegiatan Pemerintah Kabupaten Ngawi juga kita informasikan. Bahkan kita sudah menyetandartkan  kwalitas web desa dengan web pemerintahan kabupataen Ngawi melalui tambahan fitur dan menu.” Terang Arys Purwadi Ketua Perpusdes Garuda Makmur Desa Grudo.

Lebih lanjut dikatan Arys bahwa dalam pengembangan Perpusdes tidak terbatas pada penyedian informasi buku. “ Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi sosial sudah mengarah kesegala hal yang berkaitan dengan persoalan masyarakat. Ini menjadi tantangan baru bagi pengurus Perpusdes mengingat persoalan sosial itukan tidak terbatas.”

Di tanya persoalan yang saat ini menjadi fokus dalam pengelolaan Perpusdes, ketua Perpusdes Grudo  sekaligus Editor Web Desa tersebut menitik beratkan pada sektor perekonomian dan pendidikan. “ Desa Grudo memiliki potensi di bidang pendidikan dan perdagangan. Sektor – sektor tersebut yang akan kita manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.”

Koleksi Perpusdes Grudo Yang Masih Terbatas

“ Jadi intinya Perpusdes hadir untuk memberikan solusi persoalan – persoalan yang ada di masyarakat. Dari persoalan pengangguran, kemiskinan, pendidikan dan sebagainya. Sekarang perpustakaan bukan hanya sebagai tempat menyimpan koleksi buku, namun sudah menjadi tempat mencari solusi. Kalo hanya untuk mencari informasi, masyarakat sudang memiliki sarana dalam genggaman melalui smart phone. ” Pungkasnya.

Dari berbagai persoalan yang ada di Desa Grudo, Perpusdes telah menyusun kegiatan – kegiatan untuk tahun anggaran 2019. Kegiatan – kegiatan yang menjadi target untuk menyelesaikan persoalan tersebut diantaranya pelatihan ketrampilan teknis mesin, teknis jurnalistik, kuliner dan sebagainya. Dari pelatihan tersebut akan dilakukan secara  berkelanjutan sesuai tahapan teknis. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0