Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Perjuangan desa dalam mengupayakan pemeliharaan jalan poros desa tidak sia-sia. Hal tersebut ditandai  dengan dimulainya  kegiatan pavingisasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Ngawi untuk Jalan Garuda Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi.

Bila dilihat dari segi fisik, kondisi jalan Garuda memang sudah mengalami kerusakan cukup berat. Nampak sebagian besar jalan yang di bangun dari aspal tersebut berlobang dan sebagian juga retak. Namun Grudo sebagai desa yang berketempatan tidak mampu berbuat banyak karena Garuda merupakan jalan dibawah pengelolaan Dinas PUPR.

Sebagai respon aspirasi masyarakat, Desa Grudo melalui usulan Musrenbangdes Tahun 2018 memasukkan perbaikan Jalan Garuda menjadi salah satu prioritas dalam system Sisrenbangda Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Ngawi. Hasilnya disetujui dan pada tahun anggaran 2019 kali ini usulan laksanakan.

Pelaksanaan pemeliharan jalan yang memakan biaya Rp. 1.041.000.000,00 tersebut melintasi dua dusun yang ada di Desa Grudo. Dari kedua dusun tersebut Mojorejo dan Grudo dengan panjang jalan lebih dari satu kilometer.

Secara peruntukan, Jalan Garuda merupakan salah satu infrastruktur kategori fital. Dalam satu hari, pengguna jalan bisa mencapai jumlah ribuan orang. Hal itu mendasar pada tingkat kepadatan penduduk yang mendiami sepanjang Jalan Garuda dari Dusun Mojorejo hingga Dusun Grudo.

Dari proses pengerjaan Jalan Garuda sendiri di mulai pada Senin 5/72019  dengan melibatkan alat berat. Itu dimaksudkan untuk mempercepat proses dalam penggalian letak kanstin pada area tanah keras. “Kita pakai excavator agar pekerjaan dapat dipersingkat” terang Tulus dari pelaksana proyek.

Dengan terlaksananya perbaikan Jalan Garuda, Pemerintah Desa Grudo menilai bahwa akan memberi dampak positif bagi warga desa. “ Perbaikan Jalan Garuda begitu penting. Bukan hanya saja menyangkut terkait kelancaran dan kenyamanan pemakai jalan, tapi juga menyangkut keselamatan dalam berkendara “ Terang Sekdes Grudo Edy Ranto S.Sos. (REPDO)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0