Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Sosialisasi bahaya penggunaan setrum untuk jebakan tikus terus dilakukan Polres Ngawi. Hal itu bukan tanpa alasan, sudah 9 orang  menjadi korban  akibat kelalaian dan kecerobohan dalam pemasangan ‘gasangan’ yang diyakini petani cukup efektif dalam mengurangi hama tikus tersebut.

Pamflet Himbauan Dari Kepolisian

Selain Pesan berantai menggunakan Medsos, sosialisasi bahaya jebakan tikus dengan setrum juga menggunakan pamflet yang di tempel di tempat umum. Dalam berita tertulis dan gambar melalui Pamflet tersebut juga menjelaskan bahwa ada potensi dipidana dalam ‘ gasangan’ setrum jebakan tikus.

Potensi pidana tersebut mendasar pada Pasal 359 Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana ( KUHAP ) yang berbunyi “ Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.”

Sedang pasal 55 Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana ( KUHAP ) berbunyi :

 (1) Dipidana sebagai pelaku tindak pidana:

      1. mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan;

       2. mereka yang dengan memberi atau menjanjikan sesuatu dengan    menyalahgunakan kekuasaan atau  martabat, dengan kekerasan, ancaman atau penyesatan, atau dengan memberi kesempatan, sarana atau keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan.

 (2) Terhadap penganjur, hanya perbuatan yang sengaja dianjurkan sajalah yang diperhitungkan, beserta akibat-akibatnya

Dari uraian Pasal tersebut menjelaskan potensi pidana bila mengakibatkan kematian orang lain. Dan juga dijelaskan pada pasal 55 bahwa selain yang memasang juga bisa di jerat hukum bila memenuhi syarat seperti yang tertuang didalamnya.

Polsek Ngawi Cek Lapangan

Dalam menanamkan pemahaman bahaya jebakan tikus dengan setrum, pihak kepolisian juga turun kelapangan guna melakukan pengecekan langsung. Seprti Polsek Ngawi Kota yang melakukan pengecekan ke area persawahan Desa Watualang Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi.

Sedang untuk Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi tidak ada temuan pemasangan jebakan tikus dengan setrum. “Mohon ijin, saya sampaikan kepada bapak Kapolsek untuk jebakan tikus di Desa Grudo sementara nihil. apabila ada info tetang jebakan tikus dengan setrum  mohon informasikan dengan japri ke no Hp saya”  terima kasih banyak mohon saya dibantu” Terang Babinkamtibmas Desa Grudo Bambang Widodo dalam Group WA Desa. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0