Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Program Desa Sehat merupakan bagian dari kegiatan tahunan Desa Grudo. Hal itu sebagai bentuk kewajiban pemerintah desa dalam  implemaentasi program peningkatan  kesehatan dan kesadaran  masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat.

Program Desa  Sehat yang telah dicanangkan Desa Grudo akan menitik beratkan lima  pilar sebagai bentuk intervensi pembangunan yang diarahkan pada bidang kesehatan.

Dari lima pilar tersebut meliputi :

 1) Tersedianya Dokter dalam lingkungan desa atau tim medis

 2) Tersedianya tenaga Bidan Desa

 3) Sumber air bersih yang dapat diakses setiap Rumah Tangga

 4) Ketersediaan sarana sanitasi yang baik

 5) Pemenuhan Gizi seimbang terutama bagi Ibu Hamil, Menyusui, dan Balita.

Ketersediaan dokter yang siap sedia memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien di linkungan Desa Grudo. Apabila diperlukan di luar jam praktek juga harus siap dan bersedia untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan yang diperlukan oleh pasien.

Tersedianya tenaga bidan desa sebagai tenaga penolong persalinan di desa secara langsung berpengaruh terhadap tingkat kematian bayi dan ibu melahirkan. Adanya petugas medis maka peluang terjadinya kematian bayi saat lahir dan ibu hamil pada saat proses persalinan atau setelah persalinan semakin kecil

Air bersih menjadi hal yang wajib tersedia. Dalam keseharian masyarakat membutuhkan air bersih baik untuk konsumsi maupun kebutuhan sanitasi lainnya. Ketersediaan sumber air bersih dalam keseharian akan memberi dampak sehat pada jasmani masyarakat.

Kebutuhan sanitasi dalam lingkungan masyarakat juga menjadi aspek penting dalam menunjang kesehatan lingkungan. Hal itu sebagai bagian dari menghindari tersebarnya penyakit dari bakteri yang ditimbulkan oleh kotoran paska buang air besar.

Sebagai bentuk dari menjaga kesehatan adalah asupan gizi yang baik dengan mengkunsumsi makanan bervitamin. Dalam menjaga asupan makanan bergizi difolkuskan pada ibu hamil ,balita maupun ibu yang menyusui. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0