Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Terbentuknya Kader Desa Siaga merupakan elemen penting dalam mengatasi persoalan sosial. Peran mereka sangat vital dalam pemerintahan desa guna menjangkau langsung sasaran dan obyek yang bermasalah.

Salah satu peran Kader Desa Siaga adalah meringankan beban persoalan ekonomi warga desa. Hal itu terealisasi melalui Ibu – ibu yang tergabung dalam Kader Desa Siaga, desa Grudo Kecamatan, Ngawi Kabupaten Ngawi.

Sabtu (26/10) mereka melakukan penyaluran sembako kepada warga yang kurang beruntung secara ekonomi. Dari sejumlah sembako yang disalurkan meliputi beras dan telur.

Perangkat, Kader Dan Mitra Kerja Desa Grudo

Seperti kegiatan sosial lainnya, Pemerintah Desa Grudo selalu melibatkan mitra kerja dalam pelaksanaanya. Mita kerja tersebut adalah Babinkantibmas dari Polres Ngawi melalui Kepolisian Sektor Ngawi dan Babinsa Koramil Kecamatan Ngawi.

Kader Desa Siaga Grudo selama ini dikenal aktif dalam perannya menangani keluarga miskin, sakit dan terlantar. “Keluarga yang masuk dalam kategori miskin, sakit menahun dan terlantar menjadi sasaran kami.” Terang Narsih anggota Kader Desa Siaga.

Data yang ada menunjukkan Desa Grudo tidak termasuk dalam darurat kemiskinan. Persentase tingkat kemiskinan terbilang cukup kecil. Namun program yang diusung dalam mewujudkan Desa Makmur menjadi alasan pentingnya dibentuk Kader Desa Siaga.

“Dibanding desa lain, Grudo memiliki tingkat kemiskinan yang relatif rendah. Namun yang namanya kemiskinan harus tetap ditangani dan dipahami sebagai sebuah persoalan. Dan sebisa mungkin kita upayakan penekanan kemiskinan sampai angka tersebut menyentuh batas terendah” Terang Sekretaris Desa Edy Ranto, Ssos.

Sementara Kepala Desa Grudo juga menyampaikan pentingnya peran Kader Desa Sehat. “ Kader Desa sehat punya peran tepat dalam menangani persoalan sosial Desa Grudo. Persoalan 7000 lebih warga Desa Grudo sulit teratasi bila mengandalkan perangkat yang hanya 13 orang.”

“Sebagai pribadi maupun mewakili Pemerintah Desa Grudo saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras rekan – rekan kader Desa Siaga Grudo. Dan tentu saya juga sangat berterima kasih atas keberhasilan dalam lomba Desa Siaga yang sudah masuk Final.” Terang Triono, ST. ( REPDO )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0