Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dinas Komunikasi dan Informasi ( Diskominfo ) Kabupaten Ngawi kembali menggelar lomba Web Desa. Mekanisme kali ini sedikit berbeda dibanding sebelumnya. Bila sebelumnya merebutkan Juara I,II dan III, untuk kali ini ditambah dua kategori. Kategori tersebut meliputi Juara Harapan I dan Juara Harapan II. 

Noor Soemardijo (Tengah)

Untuk penjurian masih seperti lomba sebelumnya, Dinas Kominfo melibatkan pihak yang memahami ITE dan penulisan dengan menggandeng relawan independent dan penulis profesional. “Selain Tim Interrnal, kita menggandeng profesional yang tentu juga independent.” Terang Noor Soemardijo

Sedang yang menjadi dasar penjurian meliputi lima kriteria. “ Tim juri menilai berdasar Jumlah posting terupdate, Penilaian kelengkapan isian (konten), Penilaian informasi publik, Penilaian bobot pemberitaan dan Penilaian keaktifan pengelola website.” Lanjut pria yang juga menjabat Kasi Pengembangan Ekosistem E-Gov Diskominfo Ngawi tersebut.

Hasil penjurian kali ini menetapkan Desa Grudo Kecamatan Ngawi kabupaten Ngawi sebagai Juara I. Untuk Juara II dan III, diraih Desa Sumberbening dan Jogorogo. Sedang Juara Harapan I diraih Desa Kedungprahu yang pada lomba sebelumnya mendapat Juara I. Dan Juara Harapan II diraih Desa Waruk Tengah.

Kepala Dinas & Kepala Bidang Kominfo Ngawi

Kelima desa yang lolos dalam lomba Web mendapat apresiasi berupa piagam dan rewards. Untuk penyerahan dilakukan Bupati Ngawi pada sesi upacara memperingati Hari Pahlawan Minggu (10/11) di halaman Pendopo Widya Graha Kabupaten Ngawi.

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Ngawi mengatakan bila ada peningkatan signifikan Web Desa dengan semakin aktifnya editor. “Kemajuan pengelolaan Web Desa cukup signifikan. Editor Desa semakin kreatif dalam mengemas berita.” Terang Prasetyo Hari adi.

Kadin diskominfo juga berharap Web Desa mampu mempromosikan produk – produk UMKM desa sehingga mampu meningkatkan pendapatan. “Web Desa sebagai  e commerce ekonomi di Ngawi, terutama di desa – desa agar bisa berkembang lebih baik.”

Kades Grudo Menerima Piagam dari Bupati Ngawi

Sebagai peraih juara, Desa Grudo menilai bahwa keberadaan Web desa sangat diperlukan. “Apresiasi luar biasa untuk Diskominfo yang sudah memberikan sarana promosi. Sekarang masyarakat lebih memahami program desa melalui publikasi Web Desa. Dan juga tidak kalah penting adalah Grudo semakin dikenal luas.” Terang Kades Grudo Triono.

Ditanya soal rewards, Kades yang akrab disapa Herkules itu menilai jauh lebih dari cukup. “Soal rewards dari Diskominfo kami sangat berterima kasih. Dan rewards sebenarnya adalah dampak dari publikasi Web Desa itu sendiri. Kita mulai dikenal secara luas, kita bisa pasarkan produk dari UMKM masyarakat dan kita bisa mengurangi pengangguran dari info lowongan yang ditampilkan Web Desa.” Pungkasnya. (REPDO)    

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0