Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID-Dinas Sosial Kabupaten Ngawi mengadakan pelatihan untuk pemahaman Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Di Rumah Makan Notosuman (11-12/11). Pekerja Sosial Masyarakat adalah warga yang dengan kesadaran, tanggung jawab sosial dan didorong rasa kebersamaan kekeluargaan serta kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi di bidang kesejahteraan sosial.

“Persoalan sosial memang menjadi tanggung jawab kita bersama. Dengan adanya Undang-Undang yang mengatur masalah sosial kita harapkan mampu mengurangi persoalan secara efektif.” Terang Andesta Tri Hartanto peserta dari Desa Grudo.

Andesta menjelaskan bila masalah sosial tersebut meliputi kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, keterpencilan dan bencana alam. Juga termasuk ketunaan sosial, penyimpangan perilaku, akibat bencana sosial, tindak kekerasan, eksploitasi, diskriminasi bahkan bagi korban penyalahgunaan narkotika.

“Pelatihan ini sangat penting dan tentu perlu fokus untuk mendengar arahan dari nara sumber. Persoalan sosial semakin hari semakin komplek. Ini juga memerlukan personil yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) cukup. Bahkan perlu pemahaman khusus bagi penginput data.”

Adapun aspek-aspek pemberdayaan PSM meliputi pemetaan/pendataan informasi kesejahteraan sosial sebagai kegiatan untuk mengetahui keberadaan, persebaran, potensi serta masalah demi memudahkan menentukan pelayanan kesejahteraan sosial. (REPDO)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0