Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Hari pertama pelatihan aplikasi Siskeudes Online yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi mendapatkan respon positif dari desa. Program pengelolaan keuangan berbasis aplikasi bersifat wajib untuk desa tersebut dihadiri oleh seluruh operator desa di wilayah kecamatan Karangjati dan Gerih.

Dalam penyampaian materi, DPMD Kabupaten Ngawi menghimbau desa untuk beradaptasi dengan sistem yang terus berkembang. Apalagi dengan hadirnya teknologi yang semakin cepat justru akan sangat membantu dalam pengelolaan administrasi.

“Sistem keuangan desa sudah waktunya menggunakan manajemen berbasis aplikasi online. Mau nggak mau desa juga harus mengikuti perkembangan. Bila tahun sebelumnya aplikasi Siskeudes hanya bisa menggunakan satu komputer, sekarang sudah bisa dibuka dimana saja.” Terang Arif dari DPMD.

Pelatihan aplikasi Siskeudes Online kali ini sebagai bentuk respon dari reformasi sistem pengelolaan anggaran Pemerintah Kabupaten Ngawi seperti yang disampaikan Bupati beberapa waktu lalu. Dikatakannya bila penyerapan anggaran dipercepat dari tahun sebelumnya dan penekanan terhadap transparansi sesuai regulasi.

Sejalan dengan instruksi Bupati Ngawi, aplikasi Siskeudes Online menjadi bagian dari tranparansi anggaraan. Meskipun secara teknis tidak dapat diakses secara umum, namun aplikasi dapat diakses oleh lembaga terkait seperti Inspektorat, kecamatan, DPMD maupun Diskominfo.