Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) telah dilaksanakan beberapa waktu lalu sebagai sarana menjaring aspirasi masyarakat desa. Dari aspirasi inilah disusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun berikutnya mendasar pada skala prioritas dan kemampuan Anggaran. Sebagian usulan yang tidak tercover  anggaran desa akan dibawa ke tingkat selanjutnya untuk diajukan melalui pembiayaan daerah.

Dalam penyusunan RKP, desa tidak asal dalam menetapkan titik maupun judul kegiatan. Namun masih mengklasifikasikan jenis dan asal sumber dana yang akan digunakan, bahkan juga mengukur kampuan Anggaran. Jadi perlu kajian lebih untuk memilah program dengan anggaran desa maupun pemerintah daerah.

Baca juga : FOKUS PROGRAM KESEHATAN, KADER JELITA PERTAJAM PENGETAHUAN

Pada proses perencanaan inilah desa dituntut harus jeli dan mampu membuat keseimbangan antara regulasi dan skala prioritas. Keseimbangan dimaksudkan adalah perencanaan sesuai regulasi dan mampu mengakomodir aspirasi serta memilih skala prioritas berdasar waktu dan jumlah manfaat.

Dalam sistem perencanaan, Pemerintah telah menetapkan 4 langkah pendekatan. Itu meliputi Teknokratik, Politik, Top down, dan Buttom up. ” Sistem perencanaan kita melalui pendekatan Teknokratik, politik, top down dan Buttom up.” Terang Supeno Ketua komisi III DPRD Kabupaten Ngawi.

Berita terkait : MUSRENBANGCAM NGAWI KOTA FULL PESERTA

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa, kecamatan dan kabupaten menerapkan pendekatan Buttom Up. Pendekatan tersebut diawali dari aspirasi masyarakat di tingkat desa yang kemudian dibawa ke tingkat kecamatan. Dari hasil musyawarah kecamatan kemudian di bawa ke tingkat kabupaten untuk ditetapkan sebagai .

Dalam menyalurkan aspirasi, sebenarnya masyarakat juga memiliki hak untuk langsung membawa usulan secara Teknokratik maupun politik. Namun pada umumnya usulan disampaian melalui sistem Buttom Up dari penyelemggaraan Musrenbangdes. Itu dilakukan karena masih terbatasnya pemahaman  masyarakat dalam terhadap pengetahuan hak untuk berpartisipasi dan bersuara.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0