Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi melakukan pengasapan di dusun Cupo Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi guna mencegah berkembangnya  nyamuk jenis Aedes Aigypti. Pengasapan tersebut difokuskan pada area Rt 02 RW 03 pada Jum’at (14/2) pagi mulai pukul 07.30 WIB.

Mendasar dari surat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi Nomor 443.42/311/404.102/2020 ditujukan kepada Kepala Desa Grudo tertanggal 12 februari 2020 bahwa fogging dilakukan karena adanya laporan warga yang terjangkit demam berdarah.

Baca Juga : SISTEM PENDEKATAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN

“Ada satu orang warga yang terjangkit Demam Berdarah (Dengue). Jadi kita menyurati dinas untuk melakukan pemberantasan dengan fogging. Kalau tidak segera diatasi bisa berbahaya. Ditambah lagi sekarang musim hujan, jadi nyamuk mudah berkembang” Terang Sekdes Grudo Edy Ranto.

Baca juga : KEPALA DISKOMINFO NGAWI APRESIASI PERKEMBANGAN PERS

Isi surat juga menjelaskan bila dalam pelaksanaannya meminta desa untuk memberikan himbauan terhadap warga untuk :

  1. Menutup makanan dan minuman
  2. Mengeluarkan hewan piaraan dari rumahy atau kandang
  3. Menutup pintu,jendela dan ventilasi kecuali pintu depan
  4. Mengikat kelambu
  5. Mematikan pompa udara aquarium
  6. Tidak memasuki rumah yang defogging hingga 30 menit

Desa Grudo sebenarnya termasuk daerah yang tidak banyak terjangkit Demam Berdarah. Namun bukan berarti tidak ada upaya dalam sosialisasi pencegahan maupun pemberantasan. Hal itu justru menjadi kewaspadaan bagi tim kesehatan desa melalui  Posyandu bersama bidan desa dengan aktif memberikan sosialisasi pada masyarakat.