Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Selama ini masih banyak yang belum tahu manfaat buah pisang. Padahal Pisang merupakan buah istimewa. Saking banyaknya manfaat yang terkandung dalam pisang, buah satu ini menjadi menu wajib kebanyakan atlet.

Dikutip dari WWW.GOMUSLIM.CO.ID Pisang merupakan buah yang disebut dalam Alquran dan manfaatnya baik untuk kesehatan. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi pisang sebagai buah pencuci mulut, hajatan, upacara adat dan panganan lokal di berbagai daerah.

Baca juga : DISPARPORA KABUPATEN NGAWI GELAR PARALAYANG

Kini, pisang juga banyak diolah menjadi makanan camilan yang lezat, seperti pisang goreng, pisang keju, keripik pisang, kue pisang, dan lain sebagainya. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam pisang sangat besar, kaya akan manfaat untuk kesehatan dan ternyata buah pisang menjadi salah satu buah yang ada di surga.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menceritakan tentang para penghuni Surga dan kenikmatan yang dialami mereka dengan firman-Nya:

Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah.” (QS. Al Waqi’ah Ayat: 27-31)

Baca juga : BUPATI NGAWI ” KADES TIDAK HARUS PINTAR “

Dan yang menjadi pendapat mayoritas Ulama dari kalangan Shahabat dan Tabi’in adalah bahwa yang dimaksud adalah pisang. Dan ini adalah yang disebutkan oleh para ahli Tafsir seperti ath-Thabari, ar-Razi, al-Qurtubi, Ibnu Katsir dan asy-Syaukani rahimahumullah.

Pisang (Banana) adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae, yang tingginya mencapai enam meter, dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisir-sisir, yang tiap sisirnya berisi (10/20) pisang, dan dalam buahnya tidak terdapat biji.

Orang-orang Arab menyebutnya dengan Banan (jari-jari), karena ia mirip dengan jari-jari kedua tangan. Ketika ia sampai ke Eropa melalui jalur Spanyol, mereka (orang Eropa) menyebutnya dengan kata dalam bahasa Arab yaitu Banana (pisang). Manusia telah mengenal pisang semenjak ribuan tahun SM (sebelum Masehi), dan ada yang mengatakan bahwa ia pada asalnya berasal dari India.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0