Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Isu maraknya tindak kejahatannya di masa pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) cukup meresahkan masyarakat. Hal itu mendorong masyarakat untuk melakukan pemantauan wilayah guna mengantisipasi segala kemungkinan terjadi.

Seperti Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Secara serentak warga melakukan pengamanan daerah dengan menghidupkan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) dan lebih menggiatkan ronda di lingkup RT.

Dari sekian banyak yang melakukan ronda, masing – masing memiliki cara tersendiri dalam menjaga kekompakan. Di RT 04 RW 02 Dusun Ngronggi misalnya, mereka melakukan pantauan keamanan dengan menggunakan sepeda kayuh.

“Setiap giliran ronda ada yang bawa sepeda. Jadi pas keliling memantau keamanan lingkungan pakai sepeda.” Terang Ketua RT 04 RW 02 Dusun Ngronggi Arifudin Jauhari.

Dalam melakukan pantauan keamanan, biasanya dilakukan 4 sampai 5 orang. Warga biasa menyebut mereka pasukan sepeda. Hal itu disebabkan kebiasaan petugas ronda berpatroli dengan sepeda secara rombongan.

“Awalnya patroli hanya seputar lingkungan RT, karena tiap malam banyak yang datang, akhirnya patroli sampai keliling dusun.” Lanjut Ketua RT yang akrab disapa Udin.

Dalam pembagian giliran jaga Ketua RT yang belum genap satu tahun tersebut membagi giliran jaga antara 6 dan 7 orang. Hal tersebut sesuai dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang tidak begitu banyak di lingkungan RT 04 RW 02 Dusun Ngronggi.

“Jumlah KK RT 04 RW 02 Dusun Ngronggi tidak begitu banyak. Untuk giliran satu kali jaga di tiap Minggu diperlukan 6 sampai 7 orang tiap kali jaga.”

Minimnya jumlah giliran jaga ternyata tidak mengurangi rasa kepedulian warga. Sekalipun hanya 6 sampai 7 orang yang mendapat jatah piket, ternyata kehadiran warga di Poskamling bisa 12 sampai 15 orang tiap hari.



Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0