Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Hari raya Idhul Adha atau biasa disebut Lebaran Haji memberi berkah tersendiri bagi umat Islam khususnya. Selain berkah bagi umat muslim yang berkesempatan melaksanakan ibadah haji, juga berkah bagi yang menjalankan ibadah kurban.

Untuk ibadah kurban, berkah tidak hanya dirasakan bagi mereka yang telah menyediakan hewan kurban saja. Namun masyarakat umum juga merasakan berkah dari pembagian hewan kurban.

Dari banyaknya daging hewan kurban inilah masyarakat sering memperbincangkan cara memasaknya agar sesuai dengan rasa yang diinginkan. Untuk tip memasak daging agar empuk, berikut resep ibu – ibu RT 04 RW 02 Dusun Ngronggi Desa Grudo Kecamatan Ngawi.

Inilah 7 tips membuat daging menjadi lembut dan tidak keras saat dimakan.

1. Ukuran daging diperkecil

Mengubah bentuk daging adalah cara cepat membuat daging lebih cepat empuk saat dimasak. Jadi potong daging menjadi kecil maupun tipis. Daging yang tipis dan berukuran kecil lebih cepat matang dan empuk karena rebusan air lebih mudah menembus serat.

Keuntungan lain dari metode ini adalah bumbu lebih mudah meresap tanpa perlu dimasak terlalu lama sehingga menghemat bahan bakar. 

2. Rebus dengan buah Nanas 

Untuk membuat daging cepat empuk, bisa dilakukan dengan mencampur buah nanas saat perebusan. Namun jangan terlalu banyak memasukkan buah Nanas karena daging akan hancur. Jadi cukup memberikan sedikit irisan buah nanas untuk setiap kali merebus daging.

3. Rendam dengan baking powder

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat daging empuk dikonsumsi adalah dengan cara direndam  selama semalaman dalam bumbu yang telah dibubuhi baking powder. Cara ini cocok saat kita ingin membuat daging lada hitam atau sate. 

4. Lumuri dengan jahe

Setiap ruas jahe mengandung enzim proteolitik alami yang dapat berperan mengurangi ikatan protein. Untuk tip pengolahan daging  dengan jahe, bisa dilakukan  dengan melumuri daging dengan jahe yang telah diparut. Kemudian diamkan selama 30 menit sebelum daging diolah untuk dimasak. 

5. Rendam dengan teh

Daun teh memiliki kandungan tanin yang mampu menjadikan daging lebih lunak dimasak secara alami. Untuk penggunaan teh sebagai media pelunak, upayakan daging direndam pada larutan teh yang berwarna pekat sekitar 30 menit. 

6. Dengan daun pepaya

Tip membuat masakan daging lebih lunak berikutnya dengan menggunakan daun pepaya. Cara ini cukup mudah dan efektif dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya yang sudah di remas – remas. Setelah daging sudah terbungkus, bisa dimasukkan kulkas. Upayakan cara ini dilakukan jauh sebelum dimasak sehingga proses alami pelunakan didalam kulkas bisa maksimal.

7.Gunakan panci presto atau pressure.

Dan yang terakhir dapat menggunakan alat presto. Tanpa tambahan apapun, alat presto bisa membuat daging empuk dalam hitungan menit. Dan untuk tip satu ini sudah dikenal dikalangan masyarakat.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0