Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Data kependudukan merupakan bagian penting dari tata kelola administrasi desa dalam mewujudkan good government (pemerintahan baik). Tidak heran jika masalah kependudukan menjadi bagian prioritas setiap tahunnya.

Seperti halnya Pemerintah Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Pengelolaan data kependudukan menjadi bagian penting yang terus ditingkatkan pengelolaannya.

“Kita terus upayakan tertib administrasi dalam hal kependudukan.” Terang Edy Ranto Sekretaris Desa Grudo.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pemenuhan administrasi kependudukan, Pemerintah Desa Grudo menerapkan sistem jemput bola. Sistem dimaksud adalah dengan memberikan informasi langsung ke warga bersangkutan.

“Kita upayakan informasi masalah kependudukan sampai ke masyarakat dengan melibatkan Kasun dan pengurus RT maupun RW.” Lanjut Edy.

Bila mengacu data kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Ngawi, Edy mengatakan harus ada revisi data kependudukan.

“Ada selisih data yang dikeluarkan Dispendukcapil. Jadi harus ada revisi sesuai jumlah yang ada di lapangan.”

Selisih data antara Dispendukcapil dan Desa Grudo lebih pada jumlah penduduk. Hal tersebut dikarenakan belum dihapusnya data penduduk yang sebagian sudah meninggal.

“Perlu laporan dari keluarga untuk menghapus data penduduk. Dan ini yang kita sampaikan ke masyarakat agar segera mengurus akte kematian.”

Share and Enjoy !

0Shares
0 0