Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Senin (25/1), Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi kedatangan puluhan Perangkat Desa. Mereka datang dalam rangka pengajuan pencairan Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2021.

“Kita upayakan penyerapan anggaran di awal tahun, agar manfaatnya bisa segera dirasakan masyarakat,” terang Fitri Anggarsari Kaur Keuangan Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi yang turut dalam pengajuan pencairan.

Ditemui di kantornya, Kepala DPMD Kabupaten Ngawi menyampaikan penekanan pada proses pencairan, agar mematuhi protokol kesehatan lengkap saat pengajuan administrasi.

“Saat ini masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Jadi kita perketat untuk penerapan protokol kesehatan, utamanya dalam penyerahan berkas administrasi,” terang Kabul Tunggul Winarno Kepala DPMD Kabupaten Ngawi.

Untuk menghindari kerumunan, persyaratan administrasi disetor ke petugas, kemudian ditinggal untuk dikoreksi. Bila dinyatakan lengkap, berkas akan langsung ditindaklanjuti.
Sedang, berkas yang belum lengkap akan dikembalikan untuk direvisi.

Pada proses pengecekan berkas, dilakukan secara terpisah. Hal ini untuk menjaga kontak fisik, sekalipun pelaksanaannya sudah dilakukan 3M. Untuk proses koreksi, dilakukan diruang kantor DPMD. Sedangkan untuk menunggu hasil koreksi, petugas menyiapkan tempat di halaman parkir selatan.

Pengajuan pencairan DD Tahap I Tahun 2021, dibuka lebih awal dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu berkaitan dengan anggaraan untuk Bantuan Langsung Tunai yang harus diserap di awal tahun.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0