Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Kejelian Ismiati dalam membaca peluang usaha patut diapresiasi. Perempuan yang berdomisili di Dusun Gondorejo, Desa Hargosari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi itu mampu memanfaatkan potensi yang ada disekitarnya dengan memproduksi keripik dari umbi-umbian.

“Usaha kripik sudah berjalan sekitar 3 tahun, dan Alhamdulillah cukup lancar,” terang Ismiati ketika ditemui di rumahnya Sabtu (23/1).

Dalam pembuatan kripik, Ismiati memiliki 4 produk unggulan dengan varian rasa. Produk tersebut meliputi Kripik Pisang, Kripik Singkong, Kripik Talas dan Kripik Ketela Rambat atau Ubi Jalar.

Untuk memasarkan hasil karyanya, Ismiati memajang sebagian produk kripik di warung miliknya. Sebagian lagi dipasarkan dengan titip di warung maupun kios di seputaran Kecamatan Sine.

“Setelah dikemas, kripik sebagian kita pajang di warung. Tapi sebagian besar kita titipkan di kios-kios seputaran Kecamatan Sine. Tapi kalo pesanan, biasanya langsung diambil,” lanjut Ismiati.

Ditanya soal bahan baku, Ismiati masih memesan ke petani di sekitar, karena hasil dari lahan miliknya tidak mampu mencukupi kebutuhan untuk produksi usahanya.

“Bahan bakunya kita tinggal pesan. Disini masih mudah ditemukan. Kadang mereka yang menawarkan kesini,” imbuhnya

Ismiati melabeli produknya B&G dengan menyertakan dua nomor kontak. Untuk pemesanan melalui telepon bisa menghubungi lewat Hand Phone 085806549527 atau WhatsApp 085736185227.

Untuk membantu perkembangan usaha Ismiati, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ngawi bersama Pemerintah Desa Hargosari melakukan kunjungan dalam rangka pengenalan marketing online.

“Kita akan terus upayakan website desa sebagai sarana marketing UMKM di desa. Seperti hari ini, Diskominfo melakukan pengambilan video untuk testimoni,” Terang Noor Soemadijo Kasi Pengembangan Ekosistem Diskominfo Kabupaten Ngawi.

Sementara, Pemerintah Desa Hargosari juga akan meningkatkan potensi website desa sebagai ujung tombak promosi UMKM yang ada di wilayahnya.

“Keberadaan website desa sangat penting untuk promosi UMKM di Desa Hargosari. Jadi, kedepannya kita akan  optimalkan website desa untuk meningkatkan pengembangan UMKM,” terang Yasid Operator website Desa Hargosari.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0