Select Page

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Embung Losari yang berada di Desa Kedungharjo Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi merupakan bendungan bernilai sejarah. Bendungan yang dibangun diera kolonial tersebut menyimpan banyak potensi.

Selain  cadangan air untuk pertanian, keindahan alam disekelilingnya memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Menyadari hal itu, Pemerintah Desa Kedungharjo menggandeng Kelompok  Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan potensi wisata di Embung Losari.

Upaya pengelolaan Embung Losari diawali dari pemanfaatan budaya kearifan lokal dan tradisi masyarakat terhadap kecintaan lingkungan. Dari hal itu, pemerintah desa mengkoordinir masyarakat sekaligus mengajak melakukan kerja bakti.

Dari kesepakatan, akhirnya dilakukan gotong royong untuk memperindah kawasan Embung Losari dengan penanaman bunga, pembuatan tempat istirahat, pembersihan embung hingga pengecatan.

Sarana pendukung lain yang masuk dalam rencana prioritas adalah jaringan internet. Jaringan internet merupakan sarana vital masyarakat dalam beraktivitas, sehingga akan mampu menarik minat masyarakat untuk mengunjungi Embung Losari

Selain itu, keberadaan warung sebagai penyedia kuliner menjadi tambahan fasilitas dalam mencukupi kebutuhan pengunjung. Dengan keberadaan kuliner dengan citarasa lokal, diharapkan pengunjung akan betah menikmati liburan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0