Select Page

Grudo.ngawikab.id – Peningkatkan kualitas dan kuantitas postingan website desa di Kabupaten Ngawi menunjukkan grafik naik drastis. Slogan “Satu Hari Satu Berita” kian nyata bagi operator yang tergabung dalam Forum Operator Website Desa (Forwebsa). Mereka berlomba dengan berbagai inovasi, baik dari sisi tampilan, update berita hingga variasi kategori berita.

Dalam pesatnya perkembangan pengelolaan website desa, banyak masyarakat yang tidak tahu bila peran operator perempuan sangat besar. Mereka rata-rata bekerja membagi waktu dengan menjalankan kewajiban abdi masyarakat sebagai perangkat desa.

Namun, kepiawaian membagi waktu dan kecepatan dalam memahami aplikasi WordPress menjadi jawaban atas padatnya tugas dan kewajiban di desa. Bahkan, rata-rata dari mereka juga terlihat enjoi dan menikmati profesi jurnalis desa yang tergolong baru.

Bila melihat perkembangan terakhir, operator “Kartini” terus menunjukkan  penambahan jumlah maupun kualitas. Dan peningkatan itu menjadi trend di tiap awal bulan saat rekap kuantitas berita diumumkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ngawi.

Sisi lainnya, militansi operator website dari sebagian besar kaum Kartini tidak perlu disangsikan lagi. Mereka terlihat begitu solid dalam menjaga komunikasi sekalipun berkompetisi dalam perlombaan website.

Salah satunya kesolidan Itu terlihat saat pelatihan di Lesehan Wapoku Desa Dadi, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Selasa (6/4). Mereka terlihat aktif berkomunikasi dengan operator lain dalam berbagi pengalaman.

Dalam peningkatan kapasitas operator website desa, Forwebsa terus berupaya melakukan koordinasi dan pelatihan. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat pemerataan kemampuan operator, sehingga terjadi persaingan merata di setiap wilayah di Ngawi.

“Kita akan terus melakukan support pada seluruh operator website desa. Dan tentu apresiasi tinggi untuk operator perempuan yang terus menunjukkan kemajuan,” terang Arbangi Ketua Forwebsa.





Share and Enjoy !

0Shares
0 0