Select Page

Grudo.ngawikab.id – Operator website desa se-Kecamatan Gerih mengelar pelatihan konten website desa di Lesehan Wapoku  Desa Dadi, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, pada Selasa (6/4).

Kegiatan ini merupakan rangkaian program peningkatan kapasitas operator website desa sekaligus sarana mempererat tali silaturahmi antar operator yang dilaksanakan diluar Kabupaten Ngawi.

Pada pelatihan kali ini, panitia yang terdiri dari operator website desa di Kecamatan Gerih mengemas acara sedikit berbeda dibanding acara yang sama sebelumnya. Selain dilaksanakan di luar daerah, peserta juga menggunakan pakaian adat Jawa dalam rangka menyongsong hari Kartini yang jatuh pada 21 April.

Hal berbeda lainnya adalah peserta berasal dari berbagai operator website desa yang ada di Kabupaten Ngawi. Mereka diundang dalam kapasitas pengurus Forwebsa atau operator website yang berkontribusi pada percepatan penyebaran pengelolaan website desa di berbagai wilayah.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas operator dalam meningkatkan pengelolaan website desa sekaligus mempererat tali silaturahmi,” terang Totok operator website desa Randusongo yang juga panitia pelatihan.

Selain peserta dan panitia, hadir juga Kasi Pengembangan Ekosistem Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ngawi dan pengurus Forum Operator Website Desa (Forwebsa).

Pada pelaksanaan pelatihan, narasumber dari Forwebsa hanya menyampaikan materi pengelolaan website secara garis besar. Kemudian, materi lebih banyak disampaikan melalui tanya jawab.

“Untuk materi hari ini, kita akan lebih banyak menyampaikan lewat tanya jawab agar lebih efektif. Karena peserta rata-rata sudah mampu memposting berita sesuai batas minimal yang ditetapkan Diskominfo,” terang Arys operator website Desa Grudo sebagi narasumber.

Dalam pelatihan juga dilakukan praktek untuk kegiatan liputan. Kegiatan ini lebih banyak menitik beratkan teknik wawancara. “Selama ini operator lebih banyak mendengar kemudian ditulis untuk diberitakan. Kini, operator juga harus mampu menguasai tehnik wawancara,” lanjut Arys.



Share and Enjoy !

0Shares
0 0