Select Page
BANTUAN JARING PENGAMAN SOSIAL PROPINSI JATIM CAIR

BANTUAN JARING PENGAMAN SOSIAL PROPINSI JATIM CAIR

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Pemerintah terus melakukan penanganan warga terdampak Corona Virus Disease (Covid-19) dengan program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Bila beberapa waktu lalu telah cair bantuan sosial (Bansos) seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT Kementrian dan BLT Dana Desa (DD), kali ini cair BLT Propinsi.

Seperti Kamis (28/5) di Kantor Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Pemerintah Desa bersama pendamping BLT propinsi melakukan pencairan terhadap 53 orang warga Desa Grudo.

Dari data yang berhasil dihimpun, setiap warga mendapatkan 200.000 ribu. Dan rencananya program berlanjut untuk dua bulan ke depan.

“Hari ini pencairan BLT propinsi senilai 200.000 ribu. Program ini akan dilangsungkan selama tiga bulan. Jadi warga yang terdaftar akan menerima sebesar 600.000 ribu dalam tiga bulan.” Terang Novi pendamping yang hadir pada kegiatan.

Untuk pencairan berikutnya, pendamping BLT melalui Pemerintah Desa Grudo akan memberikan undangan pada masing-masing penerima bantuan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
PERAN PENTING DUNIA DIGITAL SAAT PANDEMI COVID-19

PERAN PENTING DUNIA DIGITAL SAAT PANDEMI COVID-19

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Dunia digital berperan sangat penting saat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Hal tersebut terkait teknologi digital sebagai sarana komunikasi, koordinasi dan informasi.

Seperti kita ketahui saat pandemi Covid-19 masih berlangsung sangat membatasi gerak dan aktivitas yang berkaitan dengan kerumunan massa.

Dengan prosedur tetap ( Protap) saat pandemi Covid-19, tehnologi menjadi solusi. Jarak dan waktu yang saat ini sangat terbatas dapat diatasi dengan teknologi melalui sistem video Conference.

“Komunikasi dengan teknologi menjadi pilihan saat ini. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19. Sangat beresiko bila sering melakukan pertemuan dengan melibatkan banyak orang.” Terang Kades Grudo Triono ST.

Dalam pelaksanaan Penanggulangan pandemi Covid-19, pemerintahan Desa Grudo menerapkan sistem digital. Sistem tersebut meliputi sarana untuk informasi dan komunikasi.

“Komunikasi banyak kita lakukan lewat group WA. Dari himbauan untuk warga melalui Ketua RT, pantauan Posko Covid-19 hingga penanganan penyaluran bantuan sosial.” Lanjut Kades yang terpilih ketiga kalinya tersebut.

Sebagai sarana sosialisasi sekaligus informasi publik, Desa Grudo menggunakan media resmi desa. Media tersebut meliputi Web Desa dan media sosial seperti Facebook, WA, dan Telegram.

.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
PETERSON MOTOR, TETAP BERTAHAN DITENGAH HIMPITAN PANDEMI COVID-19

PETERSON MOTOR, TETAP BERTAHAN DITENGAH HIMPITAN PANDEMI COVID-19

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) berdampak luar biasa pada ekonomi. Tidak hanya untuk kelas atas saja, pelaku usaha kecil maupun penjual jasa tenaga tidak tetap juga sangat terdampak.

Dibandingkan pelaku ekonomi besar, dampak Covid-19 terhadap usaha kecil mandiri masih bisa ditolerir. Hal tersebut didasarkan pada protap aktivitas saat pandemi Covid-19 yang tidak diperbolehkan melakukan perkumpulan massa.

Bagi usaha kecil, kegiatan biasa dilakukan secara mandiri. Hal ini yang membuat beberapa sektor masih bertahan disaat usaha besar mulai mengalami penurunan.

Seperti Peterson Motor yang berada di Dusun Cupo Desa Grudo Kecamatan Ngawi. Bengkel milik keluarga tersebut masih eksis seperti biasa. Bahkan saat pandemi Covid-19 belum menunjukkan penurunan, bengkel masih dipenuhi pelanggan.

Sebagai bengkel sepeda motor umum, Peterson Motor menerima jasa perbaikan untuk segala jenis motor. Bahkah sudah puluhan tahun bengkel tersebut menerima reparasi motor tua seperti BSA, Harley Davidson, Zundap, Jawa, DKW hingga motor produksi Jepang.

Dalam melakukan proses reparasi, Peterson Motor digawangi dua orang yang masih bersaudara. Pelanggan biasa memanggilnya mereka Kunto dan Siwet.

Selain menerima reparasi motor, Peterson Motor juga menerima modifikasi untuk jenis motor sport, klasik maupun kompetisi seperti trail, road race hingga drag bike.

Untuk jasa reparasi, Peterson Motor mematok jasa seperti bengkel umumnya. Hanya saja bila akan melakukan modifikasi khusus, pelanggan sebaiknya melakukan konsultasi dahulu karena harga biasanya lewat negosiasi.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
PERAN PENTING DUNIA DIGITAL SAAT PANDEMI COVID-19

MASUK PERTAMA PASKA LEBARAN, DESA GRUDO PADAT AKTIVITAS

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Pemerintah Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi langsung melakukan koordinasi dengan seluruh pengurus desa saat hari pertama masuk kerja paska lebaran 1441 Hijriah.

Koordinasi dilakukan guna membahas segala kemungkinan terhadap dampak pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) yang belum juga menunjukkan penurunan.

Pada penyampaiannya, kepala Desa Grudo menekankan pentingnya kesigapan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mengatasi dampak Covid-19.

“Kita telah berjuang bersama sejak diberlakukan darurat Covid-19. Dan sepertinya pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir.” Terang Triono ST.

Dalam koordinasi, Kades tiga periode tersebut juga memberi arahan pada personilnya untuk turun langsung ke masyarakat guna mendeteksi persoalan yang timbul maupun kemungkinan akan terjadi.

“Untuk seluruh Perangkat Desa upayakan sistem button up atau turun ke lapangan. Jangan hanya mengandalkan laporan dari bawah.” Lanjut Triono ST.

Hari pertama masuk kerja juga mendapat kunjungan dari Kepolisian Sektor (Polsek) Ngawi dan Komando Rayon Militer (Koramil) Ngawi. Dari kesatuan keduanya hadir masing-masing pimpinan.

“Tadi hadir dari Polsek Ngawi dan Koramil Ngawi dalam rangka pantau wilayah. Beliau mengapresiasi konsistensi kinerja Pemerintah Desa Grudo dalam penanganan Covid-19.” Pungkas Triono.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
GELAR KONSER TOMBO KANGEN, BUPATI NGAWI JADI HOST

GELAR KONSER TOMBO KANGEN, BUPATI NGAWI JADI HOST

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Konser Tombo Kangen yang bertajuk “In Memoriam Didi Kempot” digelar di Gedung Eka Kapti Kelurahan Ketanggi Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Senin (25/5).

Konser kali ini didedikasikan untuk mengenang jasa maestro campursari Didi Kempot sekaligus penggalangan dana untuk penanganan Covid-19 melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Ngawi.

Yang menarik dalam acara ini adalah tampilnya Bupati Ngawi sebagai host didampingi Elisabeth. Mereka tampak kompak dengan balutanpakaian daerah.

Sebagai pendukung acara, tampil artis Nasional seperti Deny Caknan, Dori Harsa, Arda dan lainnya. Mereka membawakan lagu-lagu karya Didi Kempot yang seperti Cidro, Kangen Nickery, perawatan Kalimantan dan lainnya.

Dalam sesi acara juga tampil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekretaris Kabinet Pramono Anum dan Hasto Kristiyanto secara Video Conference (Vicom).

Konser dilakukan tertutup dengan diliput Tv Nasional secara live sesuai dengan Prosedur Tetap (Covid-19). Acara yang digelar mulai pukul 17.30 diakiri dengan tampilan lagu Pamer Bojo pada pukul 21.00.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
JAMAAH SHOLAT IDUL FITRI TAAT PROTAP

JAMAAH SHOLAT IDUL FITRI TAAT PROTAP

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Masjid Baithul Rahman Dusun Ngronggi Desa Grudo Kecamatan Ngawi dipadati jamaah saat melaksanakan sholat Idul Fitri 1441 Hijriah Minggu (13/5).

Pelaksanaan sholat Idul Fitri tahun ini sedikit berbeda. Hal tersebut berkenaan dengan Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir.

Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Ngawi tentang pelaksanaan sholat Idul Fitri 1440 H, panitia pelaksana melakukan prosedur tetap (Protap) dengan menyediakan tempat cuci tangan berikut sabun di jalan menuju masjid Baithul Rahman.

“Dua hari sebelumnya kita sudah siapkan tempat cuci tangan berikut sabun. Dan kita lihat jamaah disiplin.” Terang Kasun Ngronggi yang juga menjadi panitia penyelenggara.

Ditambahkan Kasun Agus bila jamaah diwajibkan menggunakan masker. “Selain wajib cuci tangan dengan sabun, jamaah wajib menggunakan masker. Bila tidak memakai masker kita sarankan untuk pulang mengambil masker.”

Protap berikut yang dilaksanakan panitia sholat Idul Fitri di masjid Baitul Rahman adalah jarak jamaah. Dalam melaksanakan sholat, jama’ah dihimbau menjaga setengah lengan dari jamaah lain.

“Pelaksanaan sholat Idul Fitri di masjid Baitul Rahman ini terbantu oleh informasi dari berbagai media. Jadi kita tidak perlu lagi memberikan arahan kepada mereka.”

“Dan kita juga melakukan cek suhu tubuh. Bagi yang kedapatan panas diatas 38 derajat, kita himbauan untuk tidak ikut dalam sholat kali ini atau bisa sholat tapi terpisah dari saf.” Pungkas Agus

Diketahui bila jumlah jamaah tahun ini jauh melebihi kapasitas Masjid. Untuk menampung seluruh jamaah, panitia
menyiapkan tempat di halaman hingga jalan depan masjid.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
LEBARAN DI RUMAH SAJA

LEBARAN DI RUMAH SAJA

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Hari raya lebaran Idhul Fitri 1441 Hijriah terasa berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila tahun – tahun sebelumnya dirayakan dengan takbir keliling dan silaturahmi dari rumah ke rumah, untuk tahun di tiadakan.

Bukan tanpa alasan, pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) yang belum juga menampakkan reda membuat pemerintah mengeluarkan aturan guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas.

Dengan keluarnya aturan bukan berarti warga tidak bisa melakukan silaturahmi. Sebagai gantinya, perayaan silaturahmi dilaksanakan dirumah masing-masing keluarga maupun dengan tetangga secara virtual.

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi pada umumnya Minggu (24/5). Mereka rata-rata melakukan perayaan lebaran bersama keluarga.

Terlihat juga beberapa tetangga yang melakukan kunjungan untuk silaturahmi, namun rata – rata tidak melakukan jabatan tangan dan hanya mengucapan “Minal aidzin wal Faizin” serta isyarat mohon maaf.

Dari pantauan di rumah warga, lebaran tahun ini masih seperti tahun-tahun sebelumnya dengan hadirnya aneka makanan disetiap meja tamu. Hal itu sebagai antisipasi untuk jamuan bila ada tamu yang datang.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
BHABINKAMTIBMAS DAN BABINSA CEK KESIAPAN PELAKSANAAN SHOLAT IDHUL FITRI

BHABINKAMTIBMAS DAN BABINSA CEK KESIAPAN PELAKSANAAN SHOLAT IDHUL FITRI

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Grudo melakukan pantauan kesiapan pelaksanaan sholat Idhul Fitri di Desa Grudo Kecamatan Ngawi Sabtu (23/5). Kesiapan tersebut meliputi pendataan tempat, sarana pendukung seperti tempat khusus cuci tangan dengan sabun dan protap lain sesuai Surat Edaran Bupati.

“Pantauan kali ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan sholat Idhul Adha sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah Kabupaten Ngawi.” Terang Bambang Widodo Bhabinkamtibmas Desa Grudo.

Sesuai dengan surat edaran Bupati Ngawi bila daerah yang masih zona hijau Corona Virus Desease (Covid-19) boleh melakukan sholat Idhul Fitri.

“Desa Grudo masih zona hijau. Jadi diperbolehkan melaksanakan sholat Idhul Fitri selama mentaati prosedur yang ditetapkan.” Terang Sekretaris Desa Grudo Edy Ranto.

Dalam melaksanakan sholat Idhul Fitri, masing masing penyelenggara diberi arahan sesuai Surat Edaran Bupati Ngawi. Hal tersebut sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Hal yang mendasar dalam pelaksanaan sholat Idhul Fitri, seluruh jamaah diwajibkan memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak.

“Untuk penyelenggara sudah diberikan arahan sesuai dengan Surat Edaran Bupati Ngawi. Tinggal besok kita pantau pelaksanaannya.” Lanjut Edy.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
MALAM TAKBIRAN, CAMAT NGAWI PANTAU WILAYAH KERJA

MALAM TAKBIRAN, CAMAT NGAWI PANTAU WILAYAH KERJA

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Camat Ngawi melakukan pantauan ke desa – desa di wilayahnya guna memastikan data pelaksanaan sholat Idhul Fitri Sabtu (23/5) malam. Kunjungan tersebut juga untuk memberikan arahan terkait pelaksanaan sholat Idhul Fitri saat masa pandemi Corona Virus Desease (Covid-19)

Salah satu tujuan kunjugan adalah Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Kedatangannya kali ini bersama Sekretaris Kecamatan Ngawi.

“Kunjungan kali ini untuk memastikan pelaksanaan shalat Idhul Fitri sesuai dengan himbauan Pemerintah.” Terang Camat Ngawi Anang Heri Prabowo.

Seperti dilaporkan Sekretaris Desa Grudo, pelaksanaan sholat Idul Fitri akan dilaksanakan di masjid masing – masing dusun. Bahkan ada beberapa musholla diantaranya juga melakukan persiapan sholat Idhul Fitri.

“Masing – masing dusun melaksanakan sholat Idhul Fitri di masjid. Yang di dusun Grudo ada dua musholla yang melaksanakan sholat Idhul Fitri.” Terang Edy Ranto.

Dari pantauan di lapangan bila Masjid maupun Musholla yang rencananya akan dilaksanakan sudah menyiapkan sarana untuk cuci tangan berikut sabun. Bahkan beberapa titik juga telah disiapkan pendeteksi suhu digital.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

BHABINKAMTIBMAS DAN BABINSA SALURAN BINGKISAN BAGI WARGA TIDAK MAMPU

GRUDO.NGAWIKAB.ID – Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) menjadi perhatian khusus bagi pemerintah sejak sejak bulan Maret 2020. Perhatian tidak hanya pada pengendalian Covid-19, namun penanganan dampak terhadap ekonomi juga menjadi agenda prioritas.

Seperti yang dilakukan TNI – Polri melalui Kodim Ngawi dan Polres Ngawi pada Selasa (18/4) dengan membagikan bingkisan kepada warga kurang mampu.
Pembagian bingkisan kali ini sebagai bentuk kepedulian TNI-POLRI saat masa pandemi Covid-19.

Dalam pendistribusian bingkisan, TNI dan Polri menugaskan personil masing – masing. Untuk TNI, penyerahan bingkisan dilakukan Babinsa dan Polri ditugaskan pada bhabinkamtibmas.

“Untuk pendistribusian dilakukan personil TNI dan Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas.” Terang Bambang Widodo Bhabinkamtibmas Desa Grudo.

Program pemberian bingkisan ini dimaksudkan sebagai kepedulian TNI-POLRI terhadap dampak Covid-19. Dalam program ini, Kodim Ngawi dan Polres Ngawi menyiapkan 500 bingkisan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0